Sukses

Lifestyle

Mencoba Hal Baru, Meningkatkan Rasa Percaya Dirimu

Fimela.com, Jakarta Kita bisa bersinar melalui setiap pilihan hidup yang kita buat dalam hidup. Baik dalam hal pendidikan, karier atau pekerjaan, dan pilihan soal impian serta cita-cita. Setiap perempuan bisa menjadi sosok tangguh melalui setiap pilihan hidup yang diambil. Seperti dalam tulisan Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Share Your Stories Oktober 2020: Menjadi Lady Boss Versimu ini.

***

Oleh: Ade Anzanie

Apakah kalian pernah merasa ragu terhadap diri kalian sendiri? Pernah tidak kalian merasa insecure terhadap diri kalian? Atau mungkin kalian sedang merasakannya saat ini? Jika jawaban kalian "iya" berarti kalian sedang berada di situasi yang aku dan banyak orang lainnya pernah mengalaminya.

Itu hal yang wajar kok! Semua orang pernah ragu pada diri mereka sendiri dan bahkan semua orang pernah merasakan insecure. Bahkan mungkin kalian juga pernah denger orang sekelas Maudy Ayunda saja pernah merasakan insecure.

Tapi bukan itu masalahnya, jangan terlalu fokus pada apa yang menurut kamu itu tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Yang jelas semua orang memiliki kekurangan dan semua orang juga memiliki kelebihan. Tapi hidup selalu menyediakan pilihan.

Entah itu untuk menyerah atau untuk terus bergerak maju, dalam hidup kamu akan dihadapkan atau bahkan akan selalu menemui pilihan. Pilihan dan keputusan yang kamu ambil sepenuhnya ada di dalam kontrol kamu. Dan saat kamu mengambil sebuah pilihan dalam hidup, kamu harus berani menanggung risikonya dan juga mempertanggung jawabkan apapun hasil dari keputusan kamu kelak.

Jika hasilnya sesuai dengan apa yang kamu harapkan itu adalah bonus dari apa yang sudah kamu lakukan. Sedangkan jika hasil dari pilihan kamu akhirnya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan setidaknya kamu sudah melakukan dan memperjuangkannya dengan usaha-usaha yang terbaik.

Dan itu akan menjadi pengalaman juga pelajaran yang berharga untukmu. Ketika kamu mencoba nya lagi di kemudian hari, kamu akan melakukannya dengan lebih baik lagi.

Untuk aku sendiri pengalaman membuat podcast itu menjadi pengalaman yang berharga. Iya, bagaimana mungkin aku yang tidak pandai bicara ini berani membuat saluran podcast sendiri? Aku yang tidak mengerti teknik editing dan juga recording memberanikan diri melakukan hal yang bukan cuma aku tidak tahu caranya. Bahkan bicara saja adalah hal yang sulit buatku.

Kenapa pengalaman ini menjadi sangat berharga, karena ini seperti akhirnya aku menghadapi ketakutan terbesarku.

Menaklukkan Ketakutan Terbesar

Aku mau sedikit cerita kenapa aku akhirnya tahu kalau kemampuan bicaraku tidak terlalu terlatih. Beberapa waktu lalu aku mengikuti salah satu program kelas online dengan tema meningkatkan kepercayaan diri, di salah satu platform pendidikan psikologi terbesar di Indonesia dan dari sanalah akhirnya aku tahu kalau kemampuan bicaraku tidak begitu terlatih, alasannya karena aku takut dalam memulai obrolan atau overthinking.

Bahkan saking over thinking-nya, sebelum mengajak bicara orang lain aku terlebih dahulu memikirkan reaksi negatif dari lawan bicaraku, dan karena inilah aku lebih sering memilih diam hingga akhirnya kemampuan bicaraku jadi tidak terlalu baik. Sehingga ketika akhirnya aku berhasil melakukan episode pertama, aku merasakan kepuasan yang luar biasa dalam diri aku dan juga perasaan bahagia yang tidak bisa aku jelaskan dengan kata-kata sehingga kalian mengalaminya sendiri.

Buat aku ketika aku mengambil keputusan untuk menghadapu ketakutan diri aku sendiri, ketika aku berani mencoba dan percaya pada diri aku sendiri itulah super lady boss versi aku.

Dan benar saja setelah aku melakukan itu, kepercayaan diriku menjadi lebih baik, dan penghargaan ku terhadap diri sendiri jadi meningkat. Menjadi super lady boss buat aku adalah saat aku memutuskan untuk menjadi lebih baik dari diri aku sendiri dan percaya pada diri aku sendiri. Karena hidup selalu menyediakan pilihan dan kamu punya kontrol penuh atas pilihan apa pun yang kamu mau.

#ChangeMaker

;
Loading