Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Bolu Kukus Mekar Sempurna dan Tidak Bantat

Fimela.com, Jakarta Jika suka membuat bolu kukus di rumah, baik untuk konsumsi pribadi atau pun untuk jualan, pastinya kamu ingin membuat bolu kukus yang mekar sempurna bagai bunga dengan tekstur lembut di dalamnya. Karena terkadang tanpa kita sadari, kita membuat bolu kukus yang kurang mekar sehingga kurang memuaskan.

Sebenarnya membuat bolu kukus yang mekar cukup mudah jika tahu beberapa tips yang tepat saat membuatnya. Jika ingin membuat bolu yang tak bantat, ini sekian cara agar bisa kamu ikuti.

1. Jangan terlalu banyak mengubah resep

Sebaiknya ketika membuat bolu kukus tidak banyak mengubah resep yang ada, apalagi menghilangkan bahan-bahan pengembang di dalam resep seperti ovalet, SP, telur, cream of tar tar dan lain sebagainya karena sangat menentukan hasil bolu kukus.

2. Kukus dalam kukusan yang airnya sudah mendidih

Jika ingin memastikan hasilnya mekar, jangan dimasak dalam kukusan yang belum panas. Umumnya kukusan haris mendidih dulu sebelum kamu bisa memasukkan adonan ke dalamnya. Pastikan juga air di bawah kukusan tidak terlalu banyak hingga menyentuh kue bolu yang dimasak karena bisa menyebabkan bantat.

3. Isi cup cetakan hingga penuh

Jika ingin hasil bolu kukus merekah, isi saja cup cetakan dengan adonan hingga hampir penuh. Hasilnya jelas akan lebih mekar karena tidak banyak ruang untuk mengembang. Bolu akan tampak lebih besar dengan cara ini.

4. Jangan mengisi kukusan hingga penuh

Kesalahan penting yang sering tidak disadari orang sat mengukus bolu adalah mengisi kukusan hingga penuh untk memasak bolu sekaligus, alhasil bolu tidak bisa mengembang sempurna. Sebaiknya beri jarak antara satu cup dengan cup lainnya sebagai ruang untuk mengembang.

Nah, itu dia sekian tips yang bisa kamu perhatikan jika ingin membuat bolu kukus yang mekar dan merekah sempurna.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading