Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Sarapan untuk Kamu yang Mudah Stres

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang dewasa pernah mengalami stres. Pandemi membuat angka penderita stres meningkat.

Meskipun tidak ada obat untuk mengatasi stres, ada beberapa cara untuk mengelolanya, termasuk terapi, pengobatan, dan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup meliputi tidur lebih nyenyak, olahraga, dan memperbaiki pola makan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi tertentu, seperti seng, magnesium, vitamin B, dan asam lemak omega 3 memiliki efek positif terhadap stres. Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa rekomendasi sarapan untuk kamu yang mudah stres.

1. Alpukat

Alpukat tidak hanya mengandung lemak dan serat yang sehat, namun juga mengandung mikronutrien, seperti vitamin B6 dan magnesium. Untuk sarapan, kamu bisa menumbuk alpukat dan jadikan topping di atas roti.

2. Telur

Saat makan telur, jangan membuang kuningnya. Bagian kuning telur mengandung mineral, seperti kolin dan seng, yang telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Dua telur mengandung 12 gram protein yang dapat membantu menstabilkan gula darah. Menghindari lonjakan gula darah yang menyebabkan tubuh memompa keluar hormon, seperti adrenalin dan kortisol, dapat memperburuk gejala stres.

 

 

3. Yogurt

Mengonsumsi makanan yang mempromosikan bakteri baik dianggap dapat mendukung kesehatan usus dan otak. Sebagian besar reseptor serotonin terletak di lapisan usus dan kekurangan serotonin dapat menyebabkan stres.

4. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang telah terbukti mengurangi gejala stres dan lonjakan hormon, seperti kortisol dan adrenalin. Salmon juga anti inflamasi dan sumber protein yang baik.

5. Oatmeal

Karbohidrat kompleks, seperti oat dicerna lebih lambat daripada karbohidrat sederhana, seperti kue kering. Oatmeal akan membuat kamu kenyang lebih lama dan mempertahankan gula darah tetap stabil.

6. Berry

Blueberry, raspberry, dan strawberry kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati. Smoothie kaya akan serat dan protein untuk membantu menjaga kestabilan gula darah.

#ChangeMaker

;
Loading