Sukses

Lifestyle

6 Karbohidrat Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Diet memang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun pastikan diet yang kamu jalani cocok dengan tubuhmu dan bisa memenuhi porsi makan yang seimbang.

Saat menjalani diet bukan berarti kamu menghilangkan elemen karbohidrat, lemak atau protein yang memicu meningkatkan berat badan. Kamu hanya perlu mencari pengganti karbohidrat yang lebih sehat agar tujuan menurunkan berat badan bisa terwujud.

Dilansir dari Real Simple setidaknya ada 7 jenis karbohidrat sehat yang bisa kamu konsumsi saat menjalani diet. Apa saja?

1. Pisang

Pisang menjadi sumber pati resisten terkaya. Ia juga kaya akan serat sehingga bisa menjadi penekan nafsu makan. Ada juga kandungan asam amino triptofan yang diubah menjadi serotonin kimiawi otak untuk membuat tubuhmu rileks dan meningkatkan mood.

 

2. Kentang

Selain serat dan pati resisten, kentang merupakan sumber alami penghambat proteinase. Ini merupakan bahan kimia alami yang meningkatkan hormon rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Selain mengenyangkan, kentang juga akan membuat kamu lebih merasa puas. Kentang yang telah dimasak dan didinginkan memiliki kadar pati resistensi yang lebih tinggi.

3. Kacang-kacangan

Hampir setengah dari pati dalam kacang-kacangan merupakan pati resisten. Ia juga merupakan sumber serat dan vitamin B yang sangat kaya. Sehingga kacang-kacangan tidak hanya bagus menjadi pengganti karbohidrat yang lebih sehat namun juga pengganti sumber protein.

 

4. Oatmeal

Oat kaya akan serat larut betaglukan dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Ia juga meningkatkan bakteri usus yang sehat dan meningkatkan rasa kenyang. Oatmeal juga mengandung banyak antioksidan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

5. Biji gandum

Ia adalah sumber protein nabati yang padat serat. Secangkir biji gandum memiliki 8 gram protein. Secara alami, biji gandum bebas gluten dan mengandung 9 asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

6. Beras merah

Ia adalah biji-bijian utuh dan dicerna lebih lambat daripada nasi. Sehingga efek lonjakan gula pada tubuh menjadi lebih kecil. Menurut ahli, makan nasi merah sebagai pengganti nasi butuh dapat membantu menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, dan lemak tubuh yang lebih besar.

Simak video berikut ini

#changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Diet Aman dan Sehat dengan Lemon dan Jambu Biji
Artikel Selanjutnya
Bukan Semakin Kurus, Berat Badan Semakin Naik saat Puasa Ini Penyebabnya