Sukses

Lifestyle

Konsumsi 6 Minuman Ini Sebelum Tidur untuk Bantu Turun Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Turun berat badan masih jadi resolusi kamu di tahn 2021? Memiliki berat badan ideal memang bukan tugas yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin dengan niat dan menjalani secara taat. 

Menurut Ahli Ayurveda Dr. Ashutosh Gautam, untuk menurunkan berat badan secara efektif, kita harus memiliki sistem pencernaan yang baik. Sebab sistem pencernaan adalah langkah pertama dalam perjalanan menurunkan berat badan.

Meningkatkan efisiensi pencernaan bisa dilakukan dengan beberapa perubahan pola makan agar meningkatkan metabolisme tubuh. Seperti trik diet yang bisa kita lakukan sebelum tidur dengan minuman untuk membantu menurunkan berat badan serta membantu mengurangi kembung seperti melansir dari food.ndtv berikut ini;

1. Teh Kayu Manis

Kayu manis sarat dengan berbagai khasiat untuk kesehatan termasuk meningkatkan metabolisme saat tidur. Kayu manis juga punya manfaat antioksidan dan antibiotik serta digunakan sebagai minuman detoksifikasi.

Untuk membuat teh kayu manis, kita membutuhkan 1 cangkir air mendidik dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Campur menjadi satu dan biarkan terendam selama sekitar 20-30 detik. Minumlah secangkir teh kayu manis setidaknya setengah jam sebelum tidur untuk hasil yang efektif.

2. Air Fenugreek

Menurut Dr. Ashutosh biji fenugreek sangat membantu proses penurunan berat badan jika dikonsumsi secara teratur. Karena menghasilkan panas dalam tubuh dan membantu dalam mengatur dan menurunkan berat badan.

Cara mendapatkannya adalah rebus air dalam wadah dan tambahkan biji fenugreek yang telah dihancurkan. Tutup dan rendam benih setidaknya selama tiga sampai lima menit. Saring ke dalam cangkir dan minum setengah atau satu jam sebelum tidur.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile kaya kalsium, kalium, dan flavonoid serta kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh membantu membuang racun dan kelebihan air. Tak hanya itu, selain merangsang penurunan berat badan, teh chamomile juga bisa mengurangi perut kembung dan membantu tidur nyenyak. 

Cara membuatnya rebus air dalam wajan dengan api besar sampai mendidih dan matikan gasnya. Tambahkan daun kamomil kering ke dalam air dan tutup wajan.

Biarkan selama 1-2 menit. Masukkan teh ke cangkir dengan saringan dan tambahkan madu atau pemanis alami.

 

4. Jus menitmun-peterseli

Jus hijau yang dibuat dengan mentimun dan peterseli juga ampuh untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara teratur. Mentimun punya kandungan air dan serat tinggi dan hampir tidak mengandung kalori, sementara peterseli dikenal dengan sifat diuretiknya yang ringan serta kandungan mineral dan vitamin yang tinggi.

Cara membuatnya adalah campurkan mentimun potong dadu, seikat peterseli, setengah sendok teh jahe parut, dan 1 sendok teh jus lemon. Haluskan semuanya sampai berubah menjadi jus.

 

5. Jus Aloe Vera

Minum jus lidah buaya sebelum tidur dapat membantu membuang lemak ekstra secara alami. Jus lidah buaya membantu menyeimbangkan flora usus dan berguna dalam kasus sindrom iritasi usus besar dan merupakan pencahar yang membantu mengeluarkan parasit dari saluran pencernaan.

Cara membuatnya adalah kikis lapisan luar daun lidah buaya dengan pisau. Keluarkan bagian kuning di dalam lidah buaya dan keluarkan gel-nya.

Campur dengan dua gelas air dan haluskan. Tuang jus ke dalam gelas dan nikmati minuman penurut berat badan sebelum tidur.

6. Susu kunyit

Kunyit dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menenangkan pencernaan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan. Sifat antioksidannya dapat mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh dan menjaga pencernaan kita berjalan lancar saat tidur siang. 

Sementara susu di sisi lain mengisi tubuh dengan kalsium dan protein yang membantu tidur nyenyak. Dan dapat mencegah kita makan berlebih keesokan harinya.

Cara membuatnya adalah rebus susu dengan setengah sendok teh bubuk kunyit atau 1 inci kunyit mentah. Minumlah sebelum tidur selagi masih panas.

Simak Video Berikut

#ChangeMaker 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Chia Seed, Makanan Sehat yang Mampu Menurunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
8 Cara Bukan Olahraga Ini Efektif Membakar Banyak Kalori