Sukses

Lifestyle

Baru Kehilangan Pekerjaan, Ini 4 Tips Mengelola Keuangan saat Menganggur

Fimela.com, Jakarta Mengelola uang saat menganggur adalah pengalaman unik. Ini jauh berbeda dari cara mengelola keuangan saat dirimu memiliki pekerjaan. Setiap orang yang menganggur berada pada posisi yang berbeda, seseorang mungkin tidak memiliki uang masuk dan tidak memiliki tabungan, sedangkan yang lain mungkin sudah menikah dan memiliki kemewahan untuk mengandalkan penghasilan lain dan dana darurat sampai mereka menemukan posisi yang mereka inginkan. Meski demikian, mengelola keuangan saat menganggur perlu dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tips mengelola uang saat menganggur.

Cobalah untuk Mencari Pekerjaan Penuh Waktu

Ketika menganggur cobalah untuk mencari pekerjaan penuh waktu. Dengan kata lain, jangan merasa buruk untuk diri sendiri. Alih-alih, luangkan semua waktu dan upaya untuk menemukan posisi baru yang akan membuatmu bangkit kembali. Ini mungkin tidak secara langsung terkait dengan pengelolaan uang, tetapi tetap penting untuk disebutkan. Jangan biasakan bangun terlalu siang dan tidur larut malam. Usahakan untuk menjaga jadwal yang sama dengan yang dirimu miliki saat bekerja. Buat daftar tugas yang harus diselesaikan setiap hari, pekerjaan untuk dilamar, dan jalin relasi.

Pangkas Semua Hal yang Tidak Penting dari Anggaranmu

Dirimu harus memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu seperti makanan, tempat tinggal dan lainnya. Sahabat Fimela dapat memangkas kebutuhan seperti makan di luar atau menghabiskan uang untuk menonton film di bioskop. Ketika tidak ada pemasukan, penting untuk menghentikan semua pembelian yang tidak penting. Ingat, ini tidak harus berlangsung selamanya, hanya sampai dirimu menemukan posisi di mana dirimu mendapatkan penghasilan tetap.

Tinjau Hutang dan Prioritaskan Apa yang Perlu Dibayar

Meskipun dirimu mungkin terbiasa membayar ekstra untuk beberapa hutang, seperti cicilan rumah dan mobil, ini adalah sesuatu yang harus dirimu kurangi selama tidak memiliki pekerjaan. Sebaliknya, pastikan dirimu membayar setiap tagihan, jika memungkinkan.

Jangan bergantung pada Kartu Kredit

Jangan bergantung pada kartu kredit untuk bertahan hidup. Hal pertama yang dilakukan beberapa orang setelah diberhentikan adalah mencari tahu berapa banyak kredit yang mereka miliki. Ini adalah solusi jangka pendek yang tidak ingin dirimu andalkan. Ini mungkin membantumu memenuhi kebutuhan untuk saat ini, tetapi segera hutangmu akan menumpuk. Alih-alih mengandalkan kartu kredit dirimu harus mencari cara untuk menghilangkan hutang yang sudah dimiliki. Oleh karena itu perlu untuk mempertimbangkan penggunaan kartu kredit di saat dirimu sedang menganggur.

Hampir semua orang mungkin tidak menginginkan untuk menjadi pengangguran. Tentu ini posisi yang cukup sulit bagi mereka yang menganggur. Banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi sedangkan mereka tak cukup banya uang masuk. Ada banyak hal yang dapat dilakukan segera untuk menghasilkan pendapatan cepat seperti kerja partime atau menjadi freelancer. Dan jangan lupa untuk tetap mencoba setiap peluang yang ada ya Sahabat Fimela!

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

;
Loading