Sukses

Lifestyle

Critical Eleven, Waktu Krisis yang Patut Diketahui dalam Penerbangan

Fimela.com, Jakarta Kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak meninggalkan kesedihan yang mendalam. Hingga saat ini, pencarian korban masih terus diupayakan. Namun yang mengejutkan adalah, kecelakaan ini terjadi saat pesawat baru lepas landas.

"Pada pukul 14.37 WIB, kapten pesawat sempat meminta naik ke ketinggian 29.000 feet (ketinggian jelajah). Dinyatakan hilang kontak pada pukul 14.40 WIB," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam konferensi pers virtual dari Bandara Soekarno Hatta, Sabtu malam.

Dalam istilah penerbangan, ada istilah yang harus Sahabat Fimela ketahui, yaitu Critical Eleven atau kerap disebut dengan Plus Three Minus Eight. Istilah ini merupakan waktu krisis di mana kecelakaan pesawat sering terjadi, yaitu tiga menit oertama dan delapan menit terakhir penerbangan.

Critical Eeleven

Pada waktu ini, pilot akan melakukan komunikasi intensif dengan Air Traffic Controller (ATC) untuk mengendalikan pesawat sesuai prosedur. Pada tiga menit pertama, akan digunakan untuk mencari posisi stabil dan mengontrol kecepatan ketika pesawat mengudara.

Setelah itu, delapan menit terakhir akan dipakai untuk menurunkan kecepatan dan mencari posisi tepat untuk menyesuaikan dengan landasan sebelum mendarat. Pada critical eleven ini, awak kabin dilarang berkomunikasi dengan kokpit kecuali dalam keadaaan darurat.

Oleh sebab itu, biasanya pada critical eleven, awak kabin akan mengarahkan penumpang untuk mematikan ponsel, menutup meja, membuka tirai jendela, menegakkan sandaran kursi, dan menggunakan sabuk pengaman.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah evakuasi jika kondisi darurat terjadi, dan yang terpenting adalah untuk tetap waspada. Karena dalam keadaan darurat seperti emergency landing, para penumpang hanya memiliki waktu 90 detik untuk menyelamatkan diri dari pesawat.

Jika tidak segera, beragam kemungkinan bisa terjadi seperti kekurangan oksigen, tenggelam saat water landing, dan juga meninggal dunia akibat terlalu banyak menghirup asap.

Jadi, di saat rentang waktu critical eleven, para penumpang disarankan untuk tidak tidur, sehingga bisa fokus pada situasi yang terjadi.

#Elevate women

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Jeruk Lemon untuk Tubuh dan Kecantikan
Artikel Selanjutnya
3 Titik Sensitif Sensual Ini Paling Disukai Zodiak Sagitarius