Sukses

Lifestyle

Stres Selama Pandemi? 4 Makanan yang Mampu Tingkatkan Kadar Hormon Serotonin secara Alami

Fimela.com, Jakarta Pandemi Corona yang memaksa seluruh orang di dunia untuk lebih banyak berdiam di rumah saja tentu saja menciptakan sebuah perubahan masif dalam kehidupanmu. Perubahan ini tentu mengundang stres yang kadang tidak bisa kamu bendung. 

Selain olahraga secara teratur, stres juga bisa kamu atasi dengan berbagai macam cara. Seperti mengalihkan perhatian dengan lebih produktif dan melakukan hobimu, atau juga dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Dilansir dari Hello Sehat, ada beberapa makanan yang tidak hanya lezat dan kaya akan vitamin dan nutrisi, tetapi juga mampu menurunkan kadar hormon kortisol penyebab stres dan meningkatkan kadar hormon serotonin atau yang disebut dengan hormon bahagia. Apa saja? 

1. Alpukat

Alpukat mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat yang lebih banyak dari buah lainnya. Meski dapat membantu mengurangi stres, namun kamu harus bijak selama mengonsumsinya karena kaya akan lemak. 

2. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga, mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau asparagus mengandung folat yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang merangsang mood bahagia. 

3. Salmon

Salmon mengandung lemak omega-3 yang merupakan antiperadangan. Selain itu, lemak ini juga dapat membantu melawan efek negatif dari hormon stres. 

4. Dark Chocolate

Penelitian menunjukkan, dark chocolate dapat mengurangi kadar hormon kortisol. Cokelat jenis ini juga bisa menurunkan tekanan darah sehingga kamu dapat merasa lebih tenang. 

#elevate women

Simak Video Berikut

;
Loading