Sukses

Lifestyle

Inspiratif! Kisah Jatuh Bangun Jalankan Bisnis dan Donasi di Konser Amal Kreatif Lokal

Fimela.com, Jakarta Bukan perkara gampang menjalankan bisnis, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Lebih-lebih bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), karena pandemi Covid-19 benar-benar memberikan dampak signifikan. Tak sedikit bahkan yang sampai 'gulung tikar’' Namun, bagi mereka yang sukses bertahan, kisah jatuh bangun menjalankan bisnis ini amat menginspirasi para pelaku usaha lainnya.

Hal itulah yang disampaikan oleh para pemenang Kreatif Lokal Award 2020 dalam puncak acara Konser Amal Kreatif Lokal 2021. Acara yang dilangsungkan secara live streaming di Vidio.com pada 16 Januari 2021 ini, pun menghadirkan sesi bincang-bincang bersama UMKM pemilik Dewi Home Crab, Dekardekor Shop serta Ezmour. Selain itu ada juga aksi inspiratif lainnya untuk mengajak menebar kebaikan dan membantu sesama melalui donasi. Seperti keseruan lengkapnya?

Sesi Donasi yang Inspiratif

Acara Konser Amal Kreatif Lokal 2021 mengumpulkan donasi untuk membantu para pelaku UMKM terdampak Covid-19 agar bisa bangkit bersama. Donasi ini disalurkan lewat Benih Baik dan pengumpulannya terus dilakukan hingga 16 Februari 2021 mendatang.

"Kini kita telah sampai pada puncak acara dari Festival Kreatif Lokal 2020, dan menjadi penting bagi Adira Finance menjadikan Konser Amal Kreatif Lokal 2021 ini sebagai momentum di awal tahun untuk membangun kolaborasi dan memperkuat sinergi. Sesuai janji brand untuk menjadi 'Sahabat Setia Selamanya', kami mengajak semua masyarakat Indonesia dan ekosistem Adira Finance untuk ikut bersama menebar kebaikan," ungkap Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli dalam sambutannya di Konser Amal Kreatif Lokal 2021, Sabtu, 16 Januari 2021.

Melalui donasi ini, Adira Finance mengajak masyarakat memberikan kontribusi nyata dalam membantu memulihkan perekonomian tanah air, agar #BangkitBersamaSahabat bisa terwujud. Diharapkan dana yang terkumpul dapat meringankan sedikit beban para UMKM, dan mereka bisa kembali termotivasi untuk melangungkan usahanya. Yuk, bersama-sama membantu UMKM yang terdampak pandemi dengan klik di sini.

"Mari kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, membantu para pelaku UMKM yang terdampak langsung dari pandemi yang tengah terjadi. Mari jadikan tema #BangkitBersamaSahabat sebagai aksi nyata! Sebab saya percaya, dengan menanam benih baik kita semua akan menuai keberkahan," ungkap Hafid menambahkan.

Pada kesempatan ini, Adira Finance juga menyerahkan donasi kemitraan senilai Rp 1 miliar untuk membangun rumah singgah bagi anak-anak pengidap kanker. Donasi tersebut diserahkan secara virtual kepada Willy Suwandi Dharma selaku Ketua Yayasan Lions Indonesia.

"Kegiatan penyerahan donasi ini merupakan pilar dari kegiatan CSR Adira Finance. Antara lain Sahabat Lokal, Adira Peduli, dan Kemitraan. Salah satunya dengan Increso, sebuah perkumpulan karyawan Adira Finance untuk membantu ekosistem dalam bantuan pendidikan dan kesehatan," jelas Hafid.

Dewi Home Crab: Modal Rp5 Juta Kini Bisa Buka Lapangan Kerja

Aksi inspiratif lainnya bisa diambil dari pengalaman Dewi Home Crab, usaha yang dibangun oleh Dewi Fatimah. UMKM ini mendapatkan nilai tertinggi dan berhasil keluar sebagai pemenang Kreatif Lokal Award 2020 kategori Kriya. Di sesi bincang-bincang Konser Amal Kreatif Lokal 2021, Dewi mengungkapkan jika juri sangat mengapresiasi keunikan produk usaha miliknya.

Serba-serbi olahan berbahan rajungan menjadi daya tarik produk usahanya, karena mampu dikreasikan menjadi kerupuk hingga pempek. Selain itu, usaha Dewi tergolong sangat inovatif karena belum memiliki kompetitor. Namun, sebelum sukses seperti sekarang Dewi pun mengungkapkan jika jatuh bangun dalam berbisnis sudah dialaminya sejak awal.

"Jangan putus asa, karena usaha ada jatuh bangun, modal awal 5 juta di 2010, lalu akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk desa Karamat. terima kasih buat UMKM untuk bangkit dan berinovasi juga, jadi setelah menang tak selesai begitu saja, tetapi tetap didukung pengembangannya dari Adira Finance dan seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Dewi pada acara sharing secara virtual tersebut.

Dekardekor Shop: Berkarya di Balik Keterbatasan Penglihatan

Kisah tak kalah menginspirasi juga datang dari pemenang Kreatif Lokal Award 2020 lainnya, yaitu Dekardekor Shop. UMKM satu ini berhasil menjuarai kategori Kriya. Nah, di acara Konser Amal Kreatif Lokal, Muhmmad Ikhwan Tariqo juga tak ketinggalan membagikan kisahnya.

Bagi Ikhwan, bukan hal mudah membuka usaha apalagi dengan keterbatasan penglihatan yang ia miliki. Ikhwan memang seorang tunanetra, tetapi ia tak miskin ilmu dan wawasan. Dibantu sang istri, ia banyak mendapatkan pengalaman soal digital marketing.

Berbekal dari pengalamannya, Ikhwan lantas mencoba menjalankan bisnis yang produk usahanya tak mudah rusak. Ia bahkan tak memiliki modal usaha awalnya. Namun, Ikhwan berprinsip, jika usaha itu tak harus dijalankan sendiri, tetapi akan lebih baik jika dijalankan dengan kolaborasi.

"Di era digital, teman-teman bisa sambil kerja, sambil usaha, jangan tinggalkan pijakan utama ke pijakan lain. Itu juga enggak mudah, karena saya tunanetra, banyaklah tantangan. Ketika mindset saya terbuka, saya berkolaborasi, saya percaya skill apa yang saya tak bisa kepada orang lain yang tepat. Kalau tak punya budget untuk menggaji, bisa bagi hasil dengan rekanan. Pokoknya yang harus disadari, era sekarang adalah era kolaborasi, bukan sekadar kompetisi," jelas Ikhwan.

Ezmour: Rela Rugi Rp60 Juta Demi Jaga Kepercayaan Pelanggan

Tantangan yang tak kalah pelik juga diungkapkan Reza Yuliani selaku pemilik usaha Ezmour. UMKM satu ini didapuk sebagai juara Kreatif Lokal Award 2020 kategori Fashion. Ada banyak jatuh bangun yang pernah dihadapi, termasuk yang paling berat adalah harus rela rugi Rp60 juta demi menjaga kepercayaan pelanggan.

"Pernah waktu itu kita mengalami gagal produksi, sementara sistem jualan kita pre-order. Jadi, sepatu yang kita bikin mengalami cacat produksi, padahal sudah ada 700 orang yang pesan. Setelah dapat komplain dari beberapa pembeli, kita tarik semua produknya. Berat sih, apalagi harus menjelaskan satu-satu ke pelanggan yang notabene emak-emak, jika kita gagal produksi. Namun, saya berupaya bagaimana nama baik Ezmour ini agar tak sampai tercoreng. Saya tarik semua produk, lalu saya produksi ulang. Jika ditotal kerugian yang harus ditanggung sekitar Rp60 juta, tetapi pengorbanan tersebut terbayar dengan kepercayaan pelanggan Ezmour sampai sekarang," jelas Reza.

Pemilik Ezmour itu pun tak lupa membagikan tips buat kamu yang ingin memulai usaha. "Yang  paling pertama sih dilakuin dulu. Karena kalau belum dilakuin kita enggak tahu kebutuhan spesifiknya gimana. Ketika kita sudah masuk, kita bisa tahu kebutuhan pasar dan proses ini enggak harus pakai modal. Saya ngerti enggak semua orang bisa produksi, makanya kita bisa mengandalkan kolaborasi. Jadi misalnya punya skill digital marketing, bisa nanti kita kolaborasi dan belajar bareng," pungkasnya.

Selain mengadakan acara sesi bincang-bincang bersama para pemenang Kreatif Lokal Award 2020, acara Konser Amal Kreatif Lokal 2021 juga mengadakan sesi workshop bersama para ikon kreatif. Dari Chef Yuda Bustara yang membagikan cara membuat cheesecake stroberi dari biskuit. Bukan hanya mudah dibuat, tetapi sajian tersebut juga berpotensi untuk dijadikan produk usaha.

Ada juga Leka Putra yang mengajak penonton di rumah untuk berkreasi dengan masker lukis. Serta, Nonita Respati yang membagikan tips padu-padan pakaian yang tepat, termasuk untuk display produk usaha, agar konsumen bisa membeli produknya dari atas ke bawah. Sesuai namanya, acara tersebut juga menghadirkan panggung hiburan bersama para artis ternama, seperti Enda dan Oncy UNGU, Denny Caknan, serta Siti Badriah.

Untuk diketahui, Konser Amal Kreatif Lokal 2021 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020 dimana Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI untuk mengangkat tema #BangkitBersamaSahabat.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance mewujudkan dukungannya terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini menjadi program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance yang diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa. Hal ini tertuang pada salah satu corporate branding yang dimiliki yaitu 'Adira Finance untuk Indonesia'.

Rangkaian acara Festival Kreatif Lokal 2020 telah terselenggara sejak Agustus tahun lalu, dimulai dengan fase Penjaringan, Penyaringan, serta Penjurian Semi-Final. Kemudian terpilihlah 18 UMKM terbaik dari 6 kategori (Kriya, Fashion, Kuliner, Pertunjukkan, Fotografi, dan Video). Setelah itu, menginjak fase Penjurian Final untuk mencari pemenang pada setiap kategori untuk mendapatkan penghargaan di Malam Anugerah Kreatif Lokal Award 2020 yang diselenggarakan pada 13 November 2020. Puncaknya, tepat pada 16 Januari 2021 kemarin, terselenggaralah Konser Amal Kreatif Lokal 2021.

Setelah Konser Amal Kreatif Lokal 2021 selesai, penggalangan donasi untuk UMKM terdampak pandemi masih terus dibuka, jadi mari kita bantu sesama untuk meningkatkan laju perekonomian Indonesia.

Lalu selain ini, bakal ada event menarik apalagi ya? Nantikan kejutannya dari Adira Finance.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading