Sukses

Lifestyle

Penelitian Menarik: Pasangan yang Berkenalan di Dunia Maya, Pernikahannya Langgeng

Fimela.com, Jakarta Mencari pasangan di zaman modern ini bisa dilakukan melalui situs atau aplikasi kencan online. Mengingat banyak orang terhubung via dunia maya, maka peluang untuk menemukan jodoh dari internet pun selalu ada. Bahkan ada penelitian menarik yang mengungkapkan bahwa pasangan yang kenalan di dunia maya, ketika menikah bisa memiliki pernikahan yang lebih langgeng.

Melansir laman brightside.me, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli ekonomi Philipp Hergovich dari University of Vienna dan Josue Ortega, peneliti di Center for European Economic Research, menunjukkan bahwa pasangan yang bertemu via situs kencan online atau aplikasi kencan online berpeluang besar akan lebih langgeng saat mereka menikah, daripada orang-orang yang memulai hubungan mereka melalui cara tradisional seperti dikenalkan oleh teman, bertemu di tempat kerja, atau di bar. Hasil penelitian tidak hanya memperlihatkan bagaimana internet memberi lebih banyak kestabilan pada hubungan tersebut, tetapi juga lebih banyak keragaman.

 

Internet Membantu Kita Terhubung dengan Orang-Orang Berbeda

Data menunjukkan bahwa setelah munculnya situs kencan online, jumlah pernikahan antar ras meningkat. Hubungan romantis saat ini lebih kepada mencari kesamaan minat, daripada kesamaan penampilan, sesuatu yang bisa diidentifikasi melalui profil pasangan yang potensial. Dengan cara ini, internet membantu orang-orang untuk terhubung dengan mereka yang berpenampilan berbeda dan menghadirkan keberagaman dalam hubungan.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh psikolog John T. Cacioppo dari University of Chicago juga punya hasil yang menarik. John meneliti data dan kehidupan lebih dari 19.000 pasangan suami istri dan menyimpulkan bahwa pasangan yang bertemu melalui situs kencan online tak hanya puas dengan hubungannya tapi juga berisiko lebih kecil untuk bercerai dibandingkan pasangan yang bertemu secara offline. Banyak pasangan yang berhasil menikah dan hubungannya langgeng berkat perkenalan di dunia maya.

Stereotipe tentang kualitas hubungan yang bermula dari dunia maya sudah tidak terlalu negatif lagi. Tidak sedikit orang yang berhasil menemukan jodohnya melalui aplikasi kencan online atau situs kencan online.

Jadi, tertarik untuk mencari jodoh di dunia maya? Atau mungkin ada di antara Sahabat Fimela yang berhasil menemukan belahan jiwa melalui dunia maya?

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Sepele tapi Berbahaya, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasangan setelah Menikah
Artikel Selanjutnya
Cinta Saja Tak Cukup untuk Membangun Pernikahan, Mengapa?