Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Lontong yang Padat dan Pulen di Mulut

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika kita membutuhkan makanan yang menggunakan lontong, seperti lontong sayur, opor ayam, tahu campur, atau bahkan lodeh, kita harus mencari penjual lontong di pasar. Meski lebih praktis jika beli di luar, namun sebenarnya kita bisa membuat sendiri lontong di rumah karena cara membuatnya sangat sederhana.

Tidak perlu takut lontong akan mudah hancur atau lembek dan tidak padat karena sebenarnya ada beberapa cara dan tips yang bisa diikuti agar berhasil membuat lontong sendiri di rumah.

1. Jenis beras yang berkualitas

Gunakan jenis beras yang pulen atau empuk ketika dimasak dan bisa menyerap air dengan baik. Jangan gunakan beras pera yang kasar dan kaku, tidak cocok jika dijadikan lontong karena akan mudah hancur ketika sudah matang.

2. Air kapur

Pastikan menambahkan air kapur setelah mencuci bersih beras yang ingin dijadikan lontong karena air kapur ini memegang peran penting memadatkan nasi yang dijadikan lontong. Tidak perlu terlalu banyak. Gunakan perbandingan 1:1 anatara air kapur dan beras. Rendam beras yang sudah ditiriskan dari air dengan air kapur selama 30 menit untuk membantu mengempukkan beras. Tidak perlu kaget jika beras menjadi berwarna agak kuning karena efek diberi air kapur.

3. Isi setengah saja

Siapkan daun pisang atau bisa juga menggunakan plastik. Namun akan lebih sedap rasanya jika menggunakan daun pisang. Gulung seperti pipa dan jangan mengisi penuh dengan beras, cukup isi setengahnya saja karena beras akan mengembang dan mengisi penuh daun pisang saat direbus.

4. Rebus dalam posisi vertikal dan terendam air

Pastikan meletakkan lontong yang direbus dengan cara vertikal atau berdiri dan dalam kondiris terendam seluruhnya dengan air. Gunakan panci yang tinggi untuk membuat lontong dan beri jarak saat merebus sehingga tidak saling tumpang tindih dan bentuknya bisa bagus.

Itu dia tips membuat lontong yang enak dan pulen di rumah. Proses merebusnya juga butuh kesabaran, jadi pastikan mengisi air rebusan cukup banyak.

#ElevateWoman with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit