Sukses

Lifestyle

5 Masalah dan Cara Mengatasi Stres Kerja Selama WFH

Fimela.com, Jakarta Kehidupan perusahaan bisa jadi menuntut dan itulah sebabnya orang yang bekerja di sektor seperti itu, menghadapi tekanan mental lebih dari di bidang lain mana pun. Dan sekarang pandemi global telah memperburuk skenario ini. Karena sebagian besar orang bekerja dari rumah sekarang membuat diri mereka tersedia selama 24/7 untuk pekerjaannya. Tapi kita semua mengira bekerja dari rumah bisa jadi mudah dan santai, tapi yang terjadi justru sebaliknya. Ada kasus luar biasa dari penurunan kesehatan mental dan orang-orang menghadapi kelelahan kerja akibat pandemi. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis kelelahan akibat bekerja dari rumah dan cara mengatasinya.

Banyak Bekerja

Dirimu bangun di pagi hari memikirkan pekerjaan dan itulah yang terus dirimu lakukan sampai akhirnya dirimu tidur lagi. Nah, ini adalah masalah dan dirimu harus mengkhawatirkannya sebelum menimbulkan masalah yang lebih besar bagi kesehatanmu.

Untuk mengatasinya, dirimu dapat merencanakan hal-hal tertentu di hari yang tidak berhubungan dengan pekerjaanmu. Misalnya, tetapkan waktu untuk makan dan makan tanpa bekerja apa pun.

Tidak Memiliki Waktu untuk Diri Sendiri

Saat kita bekerja di kantor, ada saat-saat ketika kita bangun dari meja dan meninggalkan kantor. Setelah meninggalkan kantor, kita dan kehidupan pribadi kita yang kita nantikan. Namun, dalam situasi kerja dari rumah ini, dirimu tidak boleh keluar dari zona kantor dan bekerja sepanjang hari. Harus ada banyak pertemuan dan update tentang pekerjaan dari waktu ke waktu juga. Namun, begitulah cara kantormu tetap berhubungan dengan dirimu sepanjang hari tanpa menyisakan waktu pribadi untukmu. Dalam hal ini dirimu harus memiliki batasan untuk waktu diri sendiri dan memutuskan pekerjaan ketika waktunya telah berkahir.

Dirimu Tidak Menyukai Pekerjaanmu Lagi

Ini yang paling umum, ketika seseorang mulai merasa tertekan dengan pekerjaan, mereka berhenti menyukai apa yang mereka lakukan dan itulah yang terjadi denganmu. Dirimu merasa tertekan dan frustrasi. Mulailah menghadiahi diri dengan sesuatu yang dirimu sukai setelah menyelesaikan setiap tugas. Misalnya, makan pizza setelah dirimu menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Merasa Kurang Terhubung dengan Dunia Luar

Apakah dirimu bingung tentang siapa yang harus disalahkan atas situasi kantor, pekerjaan, atau pandemi global ini? Orang-orang merasa sulit untuk mengejar ketertinggalan dengan teman-teman mereka bahkan ketika mereka pergi ke kantor, sekarang sudah benar-benar tidak dapat dilakukan. Manfaatkan media sosial dan teknologi sepenuhnya, lakukan panggilan video untuk berbicara dengan teman dan keluarga, dan tetap terhubung.

Tidak Memiliki Waktu untuk Makana tau Tidur dengan Nyenyak

Makan dan tidur sama pentingnya dengan pekerjaan. Jika dirimu mengabaikan dua aktivitas penting ini, tubuhmu mungkin berhenti bekerja sama dengan dirimu saat dirimu memiliki pekerjaan mendesak yang harus dilakukan. Jadi selalu ingat, kesehatan adalah yang utama. Makan makananmu jauh dari meja kerja dan berkonsentrasilah sepenuhnya saat makan. Untuk tidur, tentukan waktu dan simpan semua gadget sebelum satu jam.

Kelelahan kerja terjadi pada semua orang setiap saat. Jadi, penting untuk memahami mereka dan menemukan solusi untuk mengendalikannya pada waktu yang tepat. 

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Solusi Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh saat WFH
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat WFH