Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Memasuki pertengahan bulan Ramadan tentu kita semua berharap puasa tetap lancar ya. Meskipun mungkin tak disadari, seringkali setiap orang menghadapi halangan di sana-sani. Beberapa di antaranya mungkin bisa mengurangi pahala puasa. Beberapa hal yang bisa mengurangi pahala tersebut adalah sebagai berikut.

1. Marah dan Memendam Kebencian

Karena pada dasarnya puasa adalah menahan diri dari segala nafsu dan ujian emosi, termasuk nafsu amarah dan merasa benci atau dendam kepada orang lain, maka sebaiknya dirimu juga bisa menenangkan hati agar tidak menyimpan emosi negatif ini.

2. Berbicara Kotor

Berbicara kotor ternyata bukan hanya bisa merendahkan martabat kita, namun juga dipercaya mampu mengurangi pahala puasa Ramadan. Dibandingkan berbicara kotor atau tidak manfaat, sebaiknya kita mengisi waktu luang dengan mengaji, berdzikir maupun melantunkan shalawat.

3. Tidur Sepanjang Hari

Tidur memang bisa mendatangkan pahala selama bulan Ramadan karena dihitung sebagai ibadah. Namun jika tidur secara berlebihan, misalnya sepanjang hari, ini justru tidak baik dan akan mengurangi pahala puasa. Tidur yang baik adalah sebentar saja untuk menghindari bergosip, berkata kotor atau marah karena lelah serta haus selama puasa.

4. Berbohong

Perkataan yang keluar dari mulut memang bagai mata pisau yang bisa memangkas pahala puasa jika kita tidak berhati-hati dalam mengucapkan sesuatu. Berbohong dan melakukan fitnah bukan hanya mengurangi pahala puasa tapi juga mendatangkan dosa.

5. Bergosip atau Bergunjing

Ketika berkumpul, seringkali tanpa disadari para orang akan bergosip atau bergunjing. Tahan keinginan ini, karena bisa mengurangi pahala berpuasa.

Itu dia sekian hal yang bisa mengurangi pahala puasa Ramadan. Tentunya masih ada hal lain yang mungkin mengurangi pahala puasa seperti menyakiti perasaan orang lain atau melihat lawan jenis dengan hawa nafsu, jadi sebaiknya berhati-hati ya untuk tidak terus melakukannya ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading