Sukses

Lifestyle

Bipang: Kuliner Indonesia yang Memiliki Banyak Makna

Fimela.com, Jakarta Ramai Bipang Ambawang yang dibicarakan warganet memang memicu banyak keingin tahuan. Terlepas dari segala kontroversinya, ternyata bipang memiliki banyak jenis. Tak hanya sebagai akronim dari babi panggang, bipang juga merupakan nama makanan ringan yang terbuat dari beras.

Bipang atau jipang ini adalah makanan khas Indonesia. Terbuat dari beras dengan campuran gula. Semakin berkembangnya zaman, bipang dibuat dengan berbagai rasa. Rasanya yang manis dan gurih disukai oleh banyak orang, baik anak-anak hingga dewasa.

Salah satu merek bipang yang terkenal di Indonesia adalah Bipang Jangkar, khas dari Pasuruan. Sebuah kota di Jawa Timur. Bipang Jangkar sudah diproduksi sejak tahun 1949. Dengan mengusung cita rasa yang otentik, Bipang Jangkar tetap eksis hingga hari ini.

Tentang Nama Bipang

Bipang adalah salah satu kuliner dari Tiongkok. Berasal dari kata Bi yang berarti beras, dan pang yang berarti wangi. Aroma vanili dari bipang membuat terasa wangi di lidah. Terbuat dari beras pilihan sehingga dapat mengembang dengan sempurna, dicampur dengan gula dan vanili menghasilkan perpaduan aroma dan rasa yang khas.

Tak hanya dari beras saja, bipang juga terbuat dari jagung atau biasa disebut dengan berondong. Berondong jagung ini dibuat dari jagung yang dipanggang sehingga mengembang dan dicampur dengan gula merah jawa.

Bipang khas Kalimantan

Selain terbuat dari beras, terdapat jenis bipang lainnya yaitu dari biji teratai. Bipang jenis ini merupakan olahan khas dari Kalimantan Selatan. Cara membuat bipang teratai ini adalah dengan cara biji teratai dijemur, lalu digiling sehingga bentuknya menyerupai beras. Biji teratai dipanggang sehingga mengembang. Setelah itu, dicampur dengan gula dan vanili.

Bentuk dari bipang teratai ini mirip dengan bipang beras. Ada beberapa kreasi rasa dari bipang teratai ini antara lain rasa cokelat, kacang hingga pedas. Rasanya yang gurih dan manis pun disukai banyak orang.

Banyak sekali ya Sahabat Fimela jenis dari bipang ini? Kalau kamu, mana yang menjadi favoritmu? Share di bawah ini.

Loading