Sukses

Lifestyle

Amankah Makan Telur Lewat Tanggal Kedaluwarsa?

Fimela.com, Jakarta Lupa menyimpan telur terlalu lama di lemari es dan akhirnya kedaluwarsa? Jangan buru-buru membuangnya. Sebab telur membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjadi busuk. 

Lalu apa arti tanggal kedaluwarsa di karton telur yang kita beli? Karton telur dicap dengan beberapa nomor, seperti tanggal jual. Artinya hari di mana toko harus menarik barang dari rak untuk menjaga kualitas dan kesegaran serta keamanan dan kesehatan pembelinya seperti ditulis rd.com.

Angka lainnya di katron telur yang bisa kita temukan adalah kode tiga digit yang disebut "Julian date". Ini adalah hari saat telur dimasukkan ke dalam karton.

Mungkin kita butuh waktu beberapa menit untuk mengetahuinya karena ini sesuai dengan jumlah tahun kalender dari 1-365. Dan lagi-lagi, angka tersebut berguna untuk menentukan kesegaran. Telur baru enak dimakan begitu saja, sedangkan telur yang lebih tua ideal untuk resep lainnya seperti meringue.

 

Tes Float

Kita bisa melakukan tes sederhana untuk mencari tahu apakah telur kedaluwarsa busuk sebelum memecahkannya. Yaiut dengan tes float.

Caranya, isi gelas dengan air dan masukkan telur. Jika mengapung, berarti telur sudah busuk dan harus dibuang. Untuk diketahui, telur akan tetap segar antara tiga-lima minggu setelah tanggal penjualan.

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading