Sukses

Lifestyle

Penelitian Membuktikan, Anak Perempuan adalah Harta Orangtua ketika Sudah Lanjut Usia

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orangtua mungkin lebih menyukai anak laki-lakinya daripada anak perempuannya karena berbagai alasan, membanggakan karena pintar dan lulusan universitas terkenallah, punya pekerjaan baguslah, bergaji besarlah, dan lain sebagainya.

Namun ada beberapa hal yang kemungkinan besar membuat anak perempuan lebih unggul dan dibutuhkan orangtua, dibandingkan anak laki-laki ketika sudah dewasa dan hidup terpisah dari orangtuanya, yaitu mengasuh orangtua secara tulus setelah mereka lanjut usia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Sociological Association menunjukkan bahwa anak perempuanlah yang cenderung menjaga dan merawat ayah ibunya ketika sudah lanjut usia dibandingkan anak laki-laki.

Anak perempuan adalah harta orangtua

Studi yang dilakukan oleh Angelina Grigoryeva dari Princeton University terhadap 26.000 peserta berusia di atas 50 tahun ini mencatat bahwa anak perempuan menghabiskan rata-rata 12,3 jam per bulan untuk mengasuh dan merawat orang tuanya dibandingkan anak laki-laki yang hanya menghabiskan 5,6 jam untuk mengasuh.

Angelina Grigoryeva sebagai penulis utama studi juga mengatakan bahwa anak laki-laki cenderung membatasi waktu menjaga dan mengasuh orangtuanya ketika ia punya saudara perempuan, kemudian melimpahkan tanggung jawab dan mengandalkan mereka untuk mengasuh orangtua. Sebaliknya, anak perempuan cenderung meningkatkan waktu merawat orangtuanya ketika ia memiliki saudara laki-laki.

Dengan kata lain, anak perempuan lebih bisa diandalkan menjaga dan mengasuh orangtuanya ketika sudah lansia dibandingkan anak laki-laki. Secara umum, alasannya adalah karena anak perempuan lebih peduli, penyayang dan mengandalkan perasaannya dibandingkan anak laki-laki.

Penelitian ini tentu menjadi pengingat bagi setiap orangtua ya Sahabat Fimela, bahwa sebaiknya jangan mengabaikan berkah memiliki anak perempuan, karena siapa tahu saat tua justru anak perempuanlah yang akan selalu ada untuk menjaga.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading