Sukses

Lifestyle

Susah Tidur selama Pandemi, Milenial Wajib Coba Kebiasaan Baby Boomer Ini

Fimela.com, Jakarta Pola kebiasaan yang berubah selama pandemi COVID-19 berdampak pada siklus tidur seseorang. Sehingga masalah susah tidur cenderung meningkat di masa pandemi. Kaum milenial menjadi golongan yang paling terdampak akan susah tidur karena tekanan yang cenderung meningkat di masa pandemi.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi susah tidur. Mulai dari memperhatikan konsumsi makanan dan minuman hingga ritual malam sebelum tidur. Dikutip dari Purewow.com, ada beberapa kebiasaan baby boomer yang bisa membantu para milenial mengatasi susah tidur.

Sebuah studi menyebut menemukan 15 dari 20 milenial menggunakan ponsel mereka sebelum tidur. Sementara dalam penelitian di Inggris sebanyak 86% milenial melaporkan susah tidur setelah menggunakan ponsel mereka sebelum berbaring untuk tidur. Sedangkan hanya 9% dari mereka yang berusia 55 tahun ke atas mengatakan bahwa mereka pernah mengalami masalah tidur terkait penggunaan telepon di malam hari.

Penggunaan telepon malam hari akan merusak siklus tidur secara perlahan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, paparan cahaya biru menekan produksi melatonin tubuh dua kali lebih lama dari sumber cahaya lain. Ini akan menggeser ritme tidur yang berarti membuang siklus tidur dan bangun secara alami.

 

Kebiasaan baby boomer yang perlu ditiru

"Perangkat elektornik dengan layar memancarkan persentase cahaya panjang gelombang biru yang sangat tinggi. Paparan cahaya biru dari sumber apapun, termasuk TV, ponsel, laptop, dan tablet di penghujung hari akan memiliki efek memajukan fase sirkadian," ungkap Andrew Varga, M.D., seorang ahli saraf dan spesialis obat tidur di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Sementara itu menurut Statista, membaca adalah aktivitas rekreasi para baby boomer terpopuler kedua setelah menonton TV. Bahkan mengalahkan hiburan lain, seperti berjalan, menghabiskan waktu bersama teman, dan berkebun.

Membaca buku sebelum tidur adalah ritual malam hari yang kerap dilakukan baby boomer di penghujung hari yang panjang. Kebiasaan ini akan mengurangi kecenderungan seseorang untuk menatap layar sebelum tidur. Beberapa orang yang mencoba metode ini mengaku bahwa dirinya lebih cepat terlelap setelah mematikan lampu.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mengatasi Susah Tidur pada Perempuan saat Memasuki Usia 40 Tahun