Sukses

Lifestyle

Studi Menyebutkan, Gampang Menangis saat Nonton Film Tanda Kamu Bermental Baja

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu menangis saat melihat film di bioskop atau televisi? Mungkin kamu merasa terharu atau sedih karena suatu adegan di film tersebut. Teman-temanmu mungkin mengejekmu cengeng karena gampang menangis padahal hanya menonton film.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada hal mengejutkan di balik kebiasaan gampang menangis karena melihat adegan film? Penelitian membuktikan bahwa orang yang cengeng saat nonton film ternyata punya mental yang kuat.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal NCBI Cerebrum tahun 2015 menemukan bahwa orang yang menangis selama menonton film ternyata lebih mudah berempati, tahu bagaimana menangani emosi dengan lebih baik dan lebih kuat saat menghadapi tantangan sehari-hari.

Mudah menangis tanda kamu bermental baja

Penelitian yang dilakukan di Claremont Graduate University oleh Paul J. Zak itu menyebutkan, meskipun mereka tahu adegan di film itu hanya cerita fiksi tapi mereka tidak dapat membendung perasaan yang ada di dalam. Secara kognitif, otak mereka bekerja secara aktif karena mampu merasakan sisi emosional yang ditunjukkan dari film tersebut.

Orang-orang ini tidak takut menunjukkan perasaannya dan karena itulah mereka lebih cepat menyembuhkan luka hati dibandingkan orang lain yang cenderung menahan perasaan. Justru dengan melepaskan perasaan, otak akan melepaskan oksitosin sehingga tubuh merasa tenang.

Orang-orang yang tidak malu menangis selama menonton film sebenarnya lebih tangguh secara mental daripada mereka yang berusaha menyembunyikan air mata mereka. Mereka tidak takut dihakimi atau dikritik, dan kemungkinan besar tidak takut untuk membela apa yang mereka anggap benar. Dan karena itulah Zak meyakini bahwa mereka memiliki mental baja.

Jadi, jika kamu diejek cengeng oleh teman-temanmu karena suka menangis saat nonton film, sadari bahwa sebenarnya kamu juga punya mental baja, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading