Sukses

Lifestyle

Jurusan yang Jarang Banget Diminati saat SNMPTN 2015 (Part 1)

Fimela.com, Jakarta Lepas dari dunia sekolah, beberapa orang melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Saat masuk ke dunia perkuliahan, seseorang harus memilih jurusan yang ia minati. Tentunya jurusan yang dipilih berdasarkan ketertarikan supaya nggak menyesal di kemudian hari. Di Indonesia sendiri, dari sekian banyak jurusan, jurusan ekonomi, komunikasi, teknologi informatika, dan hubungan internasional adalah jurusan-jurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa saat SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Sisanya? Masih terbilang jarang dipilih calon mahasiswa. Apa sajakah jurusan itu? Nih, Bintang.com rangkum buat kamu.

1. Jurusan Perpustakaan

1. Jurusan Perpustakaan (Via: jurusankuliah.net)
Di jurusan ini kamu bakal belajar untuk mengelola perpustakaan, mulai dari mengelola informasi, sistem informasi, database perpustakaan, disain website, multimedia, dan ilmu komputer lainnya. Jadi, jangan kepikiran kalau jurusan perpustakaan kerjanya jaga perpus aja ya, Guys!

2. Jurusan Sastra Nusantara

2. Jurusan Sastra Nusantara  (Via: rara-rememberme.blogspot.com)
Entah mengapa, jurusan satra bahasa nusantara jarang peminat. Lebih banyak malah jurusan bahasa asing. Padahal, lulusan jurusan ini bisa bekerja di institusi pendidikan, pusat pengembangan dan penelitian, dan media massa.

3. Jurusan Arkeologi

3. Jurusan Arkeolog (Via: scienceblogs.com)
Jurusan yang jarang diminati selanjutnya adalah arkeologi. Di jurusan ini, kamu bisa mempelajari sejarah, kebudayaan, dan peninggalan masa lampau. Kalau sudah lulus, kamu bisa jadi peneliti. Cocok banget  buat kamu yang suka banget sejarah dan berjiwa petualang. Apalagi buat kamu yang susah move on hehehe.

4. Jurusan Astronomi

4. Jurusan Astronomi (Via: teropong.co.id)
Jangan salah, lho! Jurusan ini bukan belajar ilmu zodiak hahaha. Jurusan astronomi mempelajari benda-benda langit, seperti bintang, bulan, matahari, komet, dan masih banyak lagi. Duh, seru deh pokoknya. Tapi sayangnya jurusan ini jarang peminat. Padahal kalau udah lulus nanti, kamu bisa bekerja di lembaga penelitian lho~

5. Jurusan Seni Peran

5. Jurusan Seni Peran (Via: unnes.ac.id)
Lulus dari jurusan ini, bukan berarti kamu hanya bisa jadi artis. Kamu juga bisa belajar hal apapun yang berkaitan dengan seni peran, seperti riasan wajah, penulis naskah, men-direct para pemain. Sayangnya, masih banyak orangtua yang melarang anaknya untuk masuk ke jurusan ini karena memikirkan akan susah dapat pekerjaan setelah lulus. Hiks.

6. Jurusan Kehutanan

6. Jurusan Kehutanan (Via: onrizal.wordpress.com)
Setelah lulus, jangan beranggapa kamu akan jadi penjaga hutan. Nggak gitu juga kaleee. Di jurusan ini, kamu bakal belajar ilmu pengelolaan hutan, seperti sumber daya alam. FYI aja, Presiden Jokowi juga lulusan Fakultas Kehutanan UGM (Universitas Gajah Mada), lho!

Duh, sayang banget ya jurusan-jurusan di atas jarang banget peminatnya di SNMPTN. Padahal prospeknya juga nggak jelek-jelek banget, lho!

Baca lagi:

Jurusan yang Jarang Banget Diminati saat SNMPTN 2015 (Part 1)

Jurusan yang Jarang Banget Diminati saat SNMPTN 2015 (Part 3)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading