Sukses

Lifestyle

6 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Jadi Semakin Produktif

Fimela.com, Jakarta Produktif mungkin bisa didefisnikan sebagai berikut; bekerja tepat waktu, sanggup menyelesaikan semua tugas, dan bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Intinya, kamu menghasilkan sesuatu dalam waktu satu hari atau beberapa jam di kantor. Masalahnya, produktif itu juga punya tingkatan. Maka dari itu, ada pertanyaan "seberapa produktifkah kamu?" yang mungkin pernah kamu dengar. 

Nah, karena produktivitas itu bisa diukur, sering kali tingkatannya masih belum mencapai batas maksimal. Karena itu, kamu harus meningkatkannya hingga mencapai titik maksimum. Kamu bisa mencoba enam cara di bawah ini untuk memaksimalkan produktivitasmu. 

Rapikan meja kerjamu. Meja kerja mencerminkan pikiranmu. Meja yang rapi melambangkan pikiran yang tertata. Sebaliknya, meja yang berantakan melambangkan pikiran yang penuh dengan masalah. Karenanya, pikiran dan mejamu juga sama-sama harus kamu tata dengan rapi. Sehingga akan menjadi jelas pekerjaan apa yang belum kamu kerjakan dan mana yang sudah dan harus segera diserahkan kepada atasanmu. 

Buat prioritas pekerjaan. Sebagian orang membuat prioritas lebih dari dua pekerjaan. Bahkan ada yang mencapai lima pekerjaan. Ini namanya bukan membuat prioritas. Kalau kamu mau, pilih salah satu pekerjaan yang benar-benar kamu prioritaskan. Setelah selesai, pilih pekerjaan lain yang ingin kamu kerjakan. Begitu seterusnya. 

Bagi waktumu menjadi 20-80. Cobalah untuk membagi waktumu di kantor. Biasanya kamu bekerja selama 8 jam, kan? Gunakan 20% dari seluruh jam kerjamu untuk mengerjakan tugas yang sangat penting. Setelah selesai semuanya, barulah mengerjakan pekerjaan lain. Sehingga kamu bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan tuntas. 

Pangkas daftar pekerjaan yang terlalu panjang. Salah satu penyebab orang tidak bisa menyelesaikan semua tugasnya di kantor karena terlalu banyak daftar pekerjaan yang mereka tetapkan. Cobalah untuk memilih pekerjaan mana saja yang harus kamu selesaikan hari ini. Misalnya pilih lima pekerjaan. Setelah selesai semua, tapi kamu masih punya banyak waktu luang, barulah kerjakan pekerjaan yang lainnya. 

Jangan terdistraksi oleh ponselmu. Penyebab utama fokus terpecah adalah ponsel. Kamu tidak akan bisa mengabaikan ponselmu, kecuali dengan senagaja kamu mematikannya selama bekerja. Kamu tidak perlu mematikannya sepanjang hari. Coba silent ponselmu dan fokus pada pekerjaan selama 90 menit. Setelah selesai, kamu bisa memeriksa kotak masuk dan email. 

Itu dia lima kebiasaan yang akan meningkatkan produktivitasmu. Sehingga karya atau pekerjaanmu bisa terselesaikan secara maksimal. Mungkin jumlahnya lebih sedikit. Tapi kualitas dari karyamu akan menjadi lebih baik. Karena kamu lebih terfokus ketika mengerjakan tiap tugas. 

Baca juga: Bekerja di Akhir Pekan Bisa Bikin Sukses?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading