Sukses

Lifestyle

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan

Fimela.com, Jakarta Di rumah pasti ada saja perabotan yang sudah usang. Biasanya kamu menggunakan sikat, sabut, dan sponges untuk membersihkannya. Tapi, ada beberapa barang yang tetap saja sulit dibersihkan meskipun sudah menggunakan sikat dan cairan pembersih. Namun, jangan khawatir, karena ternyata kamu bisa menggunakan bahan lain untuk membersihkan barangmu. Seperti buah, minuman, dan bahan lainnya. 

Selain itu, menggunakan bahan makanan untuk membersihkan barang bisa menambah kreativitasmu, lho! Jadi, kalau ada barang kotor yang ingin kamu gunakan, tapi tidak punya cairan pembersih, kamu tinggal cari bahan makanan yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti. Buat kamu yang penasaran, ini dia 10 ide membersihkan barang di rumah menggunakan makanan dan minuman yang sering kamu konsumsi. 

Bersihkan toilet menggunakan minuman bersoda. Mungkin kamu punya pengalaman yang menyebalkan ketika membersihkan toilet. Apa lagi pada saat harus menyikat kloset jongkok atau pun duduk. Karena kadang ada kotoran kuning yang menempel pada sisi-sisinya. Nah, kamu tidak usah kahwatir dan susah-susah menggosoknya. Karena kamu bisa menyiram bagian toilet yang bernoda dengan menuman bersoda. Diamkan saja beberapa menit, setelah itu sikat dengan sikat WC. Dan kotoran pun akan hilang. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: pinterest.com

Gunakan kulit jeruk untuk mengusir bau tak sedap pada bak cuci piring.  Kadang, bak cuci piringmu sangat bau karena banyak sampah yang menyangkut di dalam paralon atau pada saringannya. Bau tak sedap juga bisa disebabkan bekas kotoran yang menempel pada bak. Nah, untuk menghilangkannya, kamu bisa menggosok seluruh sisi bak menggunakan kulit jeruk. Dijamin, baunya akan hilang. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: buzzfeed.com

Hilangkan debu pada daun tanaman hias yang ada di dalam ruangan. Debu yang menempel pada tanaman hias kurang efektif jika kamu mebersihkannya menggunakan kemoceng. Tapi, ada satu cara lain yang mudah dan akan membuat daun tanaman hiasmu kinclong, yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Gosok kulit pisang bagian dalam pada tiap daun. Debu pun akan hilang dan daun menjadi sangat bersih. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: buzzfeed.com

Air dan cuka apel untuk membersihkan coffeemaker. Kadang, coffeemaker di rumahmu berbau dan bernoda kehitaman. Karena jarang dicuci dan dibersihkan secara rutin. Untuk menghilangkan bau dan noda ini, kamu bisa menggunakan cuka apel yang dicampur air. Caranya mudah, tuangkan kedua bahan pada mesin pembuat kopi dan nyalakan seperti kamu ingin membuat kopi. Lakukan hal ini sebulan sekali agar tidak ada bakteri dan bau yang tak sedap. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: pinterest.com

Gunakan Waslap untuk Mencuci Muka yang Lebih Bersih

5 Langkah Mudah Membersihkan Panci Tanpa Merusak Spons

2 Trik Membersihkan Blender Sponge

Baca Juga

Hilangkan goresan pada meja kayu dengan buah kenari. Meja kayu di rumah atau juga di sekolah biasanya penuh dengan goresan. Entah karena gesekan pensil, cutter, penggaris besi atau pun benda lain. Biasanya goresan ini tidak bisa kamu hilangkan. Tapi jangan khawatir, dengan menggosokkan buah kenari, meja kayumu akan menjadi mulus seperti sedia kala. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: buzzfeed.com

Hilangkan bau pada baju lama dengan vodka. Baju lama yang tersimpan di lemari kadang berbau tak sedap. Sebagian orang menyebutnya dengan 'bau debu' atau 'bau lama.' Selain mencuci ulang bajumu, kamu juga bisa menyemprotkan vodka pada semua sisi baju lamamu. Bau yang tidak enak akan segera pergi. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: pinterest.com

Beer untuk membersihkan lemari kayu. Lemari kayu kadang sulit untuk dibersihkan. Karena kalau menggunakan sabun dan air, kayunya akan menjadi lapuk. Tapi, kamu bisa menggunakan beer untuk membersihkannya. Caranya sama ketika kamu mengelap lemari plastik menggunakan sabun dan air. Sebaiknya kamu menggunakan beer yang tak berkarbonasi. Tapi, beer biasa yang bisa kamu temukan di supermarket pun bisa kamu gunakan. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: youtube.com

Bersihkan mesin cucimu menggunakan soda kue. Mesin cuci kadang berbau tak sedap. Karena selalu lembab dan jarang dibersihkan. Selain bau, kadang bagian luar dan dalam ada nodanya. Kalau tidak ada pemutih, kamu sebenarnya bisa menggunakan bahan lain seperti soda kue. Caranya, campur soda kue dengan air. Aduk hingga tercampur dan berubah seperti adonan. Oleskan pada bagian yang bernoda dan berbau. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dan bersihkan. Noda dan bau membandel akan hilang. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: youtube.com

Hilangkan bekas lipstick pada gelas menggunakan garam. Kadang, usai berpesta dan mengadakan acara, ada bekas lipstick yang menempel pada gelas-gelas kaca. Noda tersebut akan sulit kamu bersihkan kalau sudah mengering. Jangan gosok menggunakan kukumu. Gunakan garam untuk menggosoknya. Noda lipstick pun akan cepat luntur. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: pinterest.com

Cuka apel bisa bikin lantaimu jadi mengilap. Ingin lantai di rumahmu mengilap seperti porselen atau lantai-lantai hotel berbintang lima? Caranya mudah dan sangat cepat. Kamu bisa menggunakan cuka apel. Semprotkan (atau kamu juga bisa langsung menuang) cuka apel pada lantai. Diamkan beberapa saat sebelum menyikatnya degan sikat khusus lantai. Untuk bagian yang kecil dan di sela atau pojok ruang, kamu bisa menyikatnya menggunakan sikat gigi yang tidak terpakai. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: tiledoctor.biz

Nah, itu dia 10 cara membersihkan berbagai barang yang ada di rumahmu. Kamu tidak usah khawatir kalau kehabisan sabun atau pemutih di rumah. Karena makanan dan minuman juga bisa kamu gunakan untuk membersihkannya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading