Sukses

Lifestyle

5 Tips Sukses Memulai Usaha dengan Patungan di Bulan November

Fimela.com, Jakarta Awal bulan November ini menjadi momen yang tepat untuk membuka usaha baru. Seperti yang sudah kamu ketahui, membuka usaha baru itu pasti memerlukan modal. Jumlah modal memang tergantung dari usaha apa yang ingin kamu bangun. Kalau usahanya kecil seperti membuka warung jajanan, tentu saja hanya akan membutuhkan modal yang sedikit. 

Tapi, bagaimana jika usaha yang ingin kamu bangun cukup besar, seperti membuat restoran? Kamu pasti perlu modal yang cukup banyak. Masalahnya, tidak semua orang punya uang yang cukup untuk membangun sebuah restoran sendirian. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Karena ada satu cara mudah untuk mengumpulkan modal, yaitu dengan patungan! Ya, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk bersama-sama membangun usaha. Berikut ini lima tips patungan untuk membangun sebuah usaha. 

 Perjanjian harus jelas. Banyak orang yang terlalu melonggarkan perjanjian saat memulai usaha patungan. Soalnya, mereka merasa tidak perlu terlalu ketat dengan teman. Padahal, meskipun kalian berteman, perjanjian awal adalah batas hak dan kewajibanmu selama menjalankan bisnis. Tanpa perjanjian yang jelas, pembagian hasil dan hal yang mendasar lainnya bisa saja bergeser dan kamu dirugikan. 

Tumbuhkan rasa saling memiliki. Kamu dan rekanmu adalah satu kesatuan. Jangan merasa usaha yang sudah dibangun lebih berhak dimiliki olehmu karena kamu lebih banyak menyumbangkan modal. Atau jangan juga kamu merasa lebih banyak bekerja. Kalian adalah rekan yang sama-sama membangun usaha dari nol hingga berhasil membuka banyak cabang. karena itu, kamu harus punya rasa saling memiliki yang kuat. 

Jangan terlalu perhitungan. Memang, bisnis adalah bisnis. Meskipun kamu tetap harus berhati-hati kepada rekanmu, tapi jangan juga terlalu perhitungan ketika bekerja bersama-sama. Mungkin kamu lebih lelah bekerja dibandingkan dia. Tapi tanpanya, kamu belum tentu bisa membangun usaha yang maju seperti sekarang.

Harus bisa percaya satu sama lain. Untuk bisa memelihara hubungan, kamu harus menumbuhkan rasa percaya kepada temanmu untuk menjalankan bisnis. Temanmu pun juga harus percaya padamu. Tanpa ada rasa percaya, maka tidak ada transparansi dalam menjalani bisnis. Hal ini akan membahayakan pertumbuhan bisnis dan aliran uang. 

Konsisten dalam mengikuti kesepakatan awal. Kalau kesepakatan awal tidak diikuti, usahamu tidak akan bisa bertahan dalam waktu lama. Karena jika ada salah satu pihak yang melanggar, maka rasa percaya dan saling memliki akan musnah. Jika sudah begini, bisnis yang dijalani pasti tidak akan sehat. 

Kelima tips ini sangat membantu memelihara keeratan hubunganmu dengan rekan. Dengan usaha patungan, keuangan di bulan November ini tidak akan mengalami masalah. Karena uang yang kamu keluarkan untuk modal tidak akan banyak. Ketika kamu patungan untuk membuka usaha, menjaga hubungan dengan rekan bisnis sangat penting. Untuk itu jangan sampai kamu lupa mengaplikasikan lima hal di atas, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading