Sukses

Lifestyle

Laut Banda, Pesona dan Misteri Palung Terdalam di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Berada jauh dari kota-kota besar, mungkin ada sebagian orang yang mendeskripsikan timur Indonesia sebagai "negeri" tak terjamah. Meski eksotisme alam memang jadi magnet utama bagi para pelancong, namun sederet misteri yang masih belum tersingkap pun bisa jadi alasan lain untuk berpelesir ke tanah asing.

Salah satu tempat di mana eksotisme dan misteri mudah berpadu-padan adalah Laut Banda. Ya, "kumpulan" air yang membentuk harmoni senada melalui gelombang dinamis itu menyembunyikan sejuta pemandangan fantastis berbalut misteri. Pasalnya, palung laut terdalam di Indonesia ternyata ada di Laut Banda.

Tandingannya hanya palung Jawa di Samudra Hindia dengan kedalaman yang mencapai 2.500 hingga 5.000 di bawah permukaan laut. Berada di barat Kepulauan Kei yang termasyhur akan "garis laut" berupa pasir putih, terdapat palung laut sedalam lebih dari 7.000 meter di bawah permukaan laut.

Kawasan ini masih meninggalkan misteri karena belum ada yang melihat dasar laut di area palung. Selain gelap total akibat tak ada sinar matahari yang bisa menembus, tekanan laut pun menjelma jadi rintangan lain, dan (tentu saja) belum ada penyelam yang mampu diving hingga kedalaman 7.000 meter.

 

A photo posted by Aggressor Fleet (@aggressorfleet) on

Meski hanya bisa mengintip dari atas palung, eksotisme Laut Banda tak luntur sedikitpun. Air laut bersuhu hangat seakan mendukung penjelajahan bawah laut di waktu yang sedikit lebih lama. Juga, jangan lewatkan kesempatan untuk bersua dengan satwa laut yang jarang ditemukan di wilayah perairan lain di Indonesia, bahkan dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading