Sukses

Lifestyle

Waduh, Mengonsumsi Air Putih Ternyata Bisa Mematikan!

Fimela.com, Jakarta Air memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Air bertugas untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang karena aktivitas kita sehari-hari. Sebagian hilang dalam bentuk keringat, air seni dan air mata. Tak hanya sampai di sana, peran air juga untuk membilas racun dari organ-organ penting, membawa nutrisi ke sel tubuh dan menjaga kelembaban jaringan.

Namun, walau ternyata punya sejuta peran penting, air putih juga bisa menjadi bumerang di dalam tubuh. Dilansir dari Daily Mail, Jennifer Strange tewas pada tahun 2009 tahun karena air putih. Wanita ini meninggal karena menghabiskan 2 galon atau setara dengan 7,6 liter air putih. Terlalu banyak memang, mengonsumsi sesuatu dengan berlebihan memang tak akan membawa hasil yang baik. Yuk, disimak bahaya apa saja yang bisa mengintaimu bila terlalu banyak minum air putih!

Komposisi darah rusak. Dilansir dari Halo Sehat, darah memiliki plasma dengan kadar kekentalan yang terukut secara fisiologis. Bila kamu meminum air putih terlalu banyak, dikhawatirkan bisa mengganggu kadar kekentalan darah. Secara lebih luas pun akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh.

Menambah beban kerja ginjal. Fungsi ginjal ada menyaring tiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi si penyaring ini berada pada glomerulus. Jika banyak cairan yang harus disaring, beban yang diterima ginjal pun semakin besar. Hal tersebut bisa merusak glomerulus dan menimbulkan berbagai penyakit ginjal.

Keracunan air. Dikenal juga dengan nama lainnya yakni hiper hidrasi. Hal tersebut adalah gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan elektrolit terganggu yang karena terlalu banyak mengonsumsi air. Ini adalah yang terjadi pada Jennifer Strange dan bisa berakhir koma atau kematian. Hal ini sering terjadi pada atlet lari jarak jauh atau marathon.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading