Sukses

Lifestyle

Kenali Ciri-ciri Leukemia, Penyakit yang Diderita Putra Farhan

Fimela.com, Jakarta Kabar duka kini tengah menyelimuti keluarga presenter Muhammad Farhan, putra pertama Farhan yang bernama Muhammad Ridzky Khalid yang baru menginjak usia 16 tahun telah meninggal dunia pada Minggu (20/12/2015). Muhammad Ridzky Khalid atau yang akrab disapa Kiki meninggal dunia lantaran penyakit leukemia yang dideritanya.

Leukemia atau kanker darah telah dianggap sebagai salah satu penyakit menyeramkan yang ada di dunia ini. Leukemia bisa terjadi ketika sumsum tulang memproduksi sel darah putih (leukosit) secara berlebihan. Sebagian sel darah putih yang ada itu lalu berubah sifatnya menjadi lebih ganas. Akibatnya, sel darah putih yang seharusnya menjadi "tentara" untuk melindungi tubuh justru menekan trombosit (keping darah) dan eritrosit (sel darah merah).

Kenali Ciri-ciri Leukemia, Penyakit yang Diderita Putra Farhan | via: cmaj.ca

Tapi, leukemia bukanlah penyakit yang tidak bisa diobati, lebih dini penyakit tersebut diketahui, maka akan semakin mempermudah pengobatannya, apalagi bila leukemia diderita oleh anak-anak. “Di luar negeri, tingkat ketahanan pada anak secara global bisa mencapai 80 hingga 85 persen. Sedangkan pada orang dewasa hanya 60 persen," jelas Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Mururul Aisyi seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (22/12/2015).

Untuk mengetahui penyakit leukemia sejak dini, ada gejala-gejala yang bisa dikenali, yakni melalui ‘3P’, panas, pucat dan pendarahan yang bisa terjadi di gusi atau bintik-bintik merah di kulit seperti demam berdarah. Selain itu, untuk mengetahui lebih pasti, maka harus ada pemeriksaan lebih akurat dengan memeriksa sumsum tulang belakang.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading