Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Keuanganmu Sehat di Tahun 2016

Fimela.com, Jakarta Mungkin, keuanganmu tahun 2015 sangat buruk. Kamu punya hutang di sana-sini dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, tabunganmu tak juga kunjung membubung. Sementara, gaji setiap bulan habis begitu saja tanpa ada penyisihan sbagian uang untuk masa depan. 

Status keuangan yang tidak sehat ini jangan sampai berlanjut hingga tahun 2016 nanti. Kamu harus memperbaikinya demi masa depan yang cerah. Soalnya, keuangan yang sehat sangat penting untuk kelangsungan hidupmu di masa depan. Bintang.com punya empat cara ampuh yang bakal bisa memperbaiki keuanganmu di tahun 2016 nanti. 

Bayar semua utang. Kamu tak akan bisa berinvestasi dan membuat keuanganmu sehat selama utang masih belum terlunaskan. Logikanya, investasimu nanti akan terganggu dengan tagihan-tagihan utangmu. Jadi, sebaiknya, lunaskan dulu semua utang, baru kamu bisa membenahi keuanganmu dengan baik. 

Bayar tagihan tepat waktu. Seluruh iuran rumah tangga yang datang setiap bulan harus kamu bayar tepat waktu. Kalau bisa, setelah tagihan datang, hari itu juga kamu bayar. Jangan menunggu hingga batas terakhir pembayaran. Karena sering kali kamu lupa untuk membayar. Tiba-tiba, uang untuk membayar tagihan sudah kandas lantara kamu pakai untuk keperluan lain. Karena itu, jangan pernah menunda pembayaran tagihan rumah tangga, ya. 

Tabungan otomatis. Tidak semua orang 'imannya' kuat untuk konsisten menabung dalam jumlah dan waktu yang sama setiap bulannya. Mengingat tabungan adalah pondasimu untuk bisa menjadi kaya di masa mendatang, jangan sampai kamu tak menabung setiap bulannya. Kalau sering lupa, cobalah untuk mengaktifkan fitur tabungan otomatis. Sehingga, bank tempatmu menyimpan uang akan menarik sejumlah uang yang sudah kamu tentukan di tanggal yang sama setiap bulannya. 

Tingkatkan jumlah tabungan. Menabung dengan jumlah yang konsisten setiap bulannya memang bagus. Tapi, akan lebih baik lagi jika kamu meningkatkan jumlah uang yang kamu tabungkan setiap tahun. Misalnya, tahun lalu kamu emnabung Rp 900 ribu setiap bulan. Tahun 2016 nanti, usahakan meningkatkan jumlah, misalnya menjadi Rp 1 juta. Sehingga uang yang terkumpul akan menjadi lebih banyak. 

Itu dia empat hal yang harus kamu lakukan agar keuanganmu sehat di tahun 2016. Jangan sampai kesalahanmu terulang lagi. Kamu pasti tidak mau kekurangan uang di masa depan, kan? Apa lagi, setiap tahun kebutuhanmu akan semakin bertambah. Jadi, pastikan keuanganmu sehat dan jangan lupa untuk berinvestasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading