Sukses

Lifestyle

Waspada, Menguap Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit

Fimela.com, Jakarta Kegiatan sehari-hari yang menumpuk tentulah membuat kita lelah. Tak pelak, tubuhmu pasti menginginkan untuk cepat sampai ke rumah dan mendarat di tempat tidur. Hasrat tubuh untuk lekas bercengkrama dengan damainya kamar pastilah membuatmu menguap. Tak jarang kamu melakukannya hingga berurai air mata.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyarta menguap memiliki fakta-fakta yang unik? Bahkan, ternyata hal yang sangat alami terjadi saat bosan ini pun bisa menjadi tanda penyakit yang sedang hinggap di tubuhmu, loh. Yuk, disimak!

Menular. Sebuah studi menemukan hasil yang mengejutkan. Ketika sebuah video menampilkan seseorang yang menguap, sekitar 50% orang yang menontonnya pun ikut menguap. Robert Provine, seorang psikolog dan ahli syaraf di Universitas of Maryland mengaikatkan menguap dengan sikap empati. Ia mengatakan bahwa menguap lebih menjadi fenomena sosial dibandingkan psikologis. Hal tersebutlah yang menyebabkan kamu bisa menguap bahkan ketika tidak mengantuk.

Lebih cepat menular kepada teman dekat. Faktanya, tak semua orang bisa menularkan fenomena ini pada kita. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2012, menguap lebih menular di antara teman-teman terdekat. Peneliti menemukan bahwa semakin dekat secara genetik atau emosional dengan seseorang, makan semakin besar kemungkinan tertularnya.

Janin bisa menguap. Memang belum ada yang mengetahui secara pasti alasannya. Namun, ternyata janin pun bisa menguap! Tahun 2012, para peneliti menguji hasil 4D, ada sebuah gambar yang menunjukkan seorang bayi yang tengah membuka mulutnya layaknya menguap.

Menguap bisa tandakan penyakit. Bukan merupakan sebuah tanda dari penyakit yang serius, bila kamu terlalu banyak menguap, maka bisa diindikasikan kalau kamu tak mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, National Institute of Health mengatakan bahwa sering menguap bisa jadi sebuah reaksi yang disebabkan saraf vagus dan mengindikasikan masalah jantunh atau otak.

Walaupun sepele, namun fenomena ini bisa menjadi salah satu tanda untukmu agar selalu menjaga kondisi tubuh. Jika kamu sering menguap karena kurang tidur, hal tersebut malah akan mengganggu pekerjaanmu kan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading