Sukses

Lifestyle

4 Hal Sepele Mencegah Tagihan Listrik PLN Membengkak

Fimela.com, Jakarta Awal tahun 2016 ini sepertinya masyarakat Indonesia kebanjiran ‘hadiah’ dari pemerintah. Pertama, harga bahan bakar minyak (BBM) resmi diturunkan, dan sekarang kamu bisa menikmati penurunan tarif listrik khususnya untuk golongan tarif adjustment yang diberikan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero.

Meski sudah diturunkan, tapi kamu harus tetap berhemat karena kenaikan tarif listrik bisa terjadi kapan saja. Nah, untuk mencegah tagihan listrik membengkak, maka kamu harus mempraktekan beberapa tips yang dijamin akan membuat pengeluaran kamu lebih irit.

Pertama, Menentukan Kebutuhan Daya Listrik. Coba pikirkan berapa daya listrik yang kamu butuhkan, jangan sampai kamu salah memilih. Sebagai tambahan informasi, PLN menetapkan 17 golongan tarif dasar listrik. Untuk rumah tangga, tarifnya dibagi tiga, yakni R1, R2, dan R3. Golongan tarif tersebut menentukan biaya pemakaian dan biaya beban, yaitu biaya yang harus dibayar setiap bulan untuk setiap 1.000 watt listrik yang tersambung.

PT PLN (Persero) menunda kenaikan tarif tenaga listrik dalam waktu tiga bulan ke depan meskipun sudah ada aturan tentang penyesuaian tarif per 1 Januari 2015,  Jakarta, Jumat (9/1/2015). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kedua, Cobalah untuk Mengubah Kebiasaan Suka Boros. Yakin kamu nggak suka boros listrik? Saat meninggalkan rumah sebaiknya jangan biarkan lampu terus menyala. Televisi, DVD Player, pendingin ruangan (AC), mesin cuci atau alat elektronik lain sebaiknya dimatikan jika sedang tidak digunakan. Jangan lupa untuk mencabut kabelnya dari stop kontak.

Ketiga, Desain Rumah yang Mendukung untuk Hemat Energi. Nah, ini adalah salah satu tips berhemat yang harus kamu terapkan ketika tengah membangun rumah. Cobalah untuk membangun rumah yang memiliki banyak bukaan atau jendela. Hal tersebut memungkinkan kamu melakukan penghematan karena tidak perlu lagi menggunakan pendingin udara ataupun lampu.

Keempat, Cermat Memilih Perabot Listrik. Pilihlah alat elektronik yang berdaya lebih kecil supaya kamu bisa lebih berhemat. Rice cooker, mesin cuci, pendingin udara atau AC, dan perabot lainnya, pilihlah yang sesuai dengan daya listrik yang ada di rumah. Hmmm, kalau mau lebih berhemat lagi ya kamu bisa mengakalinya dengan cara menggunakan perabot listrik seperlunya. Jika masih bisa mencuci dengan tangan kamu tidak perlu menggunakan mesin cuci, kan? Ayo kita hemat energi!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading