Sukses

Lifestyle

Tips untuk Mengunjungi Ayutthaya dan Lopburi dalam Satu Hari

Fimela.com, Jakarta Meski jadi gerbang angan akan negeri Thailand, Bangkok bukanlah destinasi tunggal yang bisa dijelajah. Tak hanya Hua Hin dan Pattaya, Chiang Mai pun perlahan muncul sebagai salah satu sudut eksotis Thailand. Berada di utara Bangkok, banyak pelancong yang memilih kereta api sebagai moda transportasi demi mencapai Chiang Mai.

Namun di tengah perjalanan, ternyata ada dua kota, yakni Ayutthaya dan Lopburi, yang menarik untuk disinggahi meski hanya satu hari. Mengingat itenerary yang begitu padat, maka waktu perjalanan di kedua kota bersejarah itu pun harus dimanfaatkan secara efektif. Tanpa mengurangi kenikmatan perjalanan, berikut tips untuk menjelajah Ayutthaya dan Lopburi hanya dalam sehari, menurut Lonely Planet.

Pilih pemberhentian di tengah kota. Baik mobil mau pun kereta, keduanya punya pemberhentian di dekat toko dan guest house, di mana pengunjung langsung bisa menyewa sepeda, scooter, atau túk-túk. Tak berjalanan kaki bisa jadi salah satu alternatif untuk menjelajah kota hampir secara keseluruhan.

Kunjungi landmark kota dengan memilih rute yang tak memutar. Kunjungi Wat Ratchaburana sebagai permulaan. Menyeberang jalan, sudah terdapat Wat Mahathat dengan bangunan kuil megah. Tak jauh dari sana, terdapat pasar di seberang Phra Mongkhon Bophit yang bisa digunakan sebagai tempat makan siang.

Apabila setelah makan siang masih punya waktu, sempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa situs bersejarah yang ada di sekitar stasiun kereta api sebelum akhirnya bertandang ke Lopburi pada sore hari. Berjarak perjalanan kereta api kurang lebih 40 menit, di sebelah utara stasiun akan didapati kerumunan monyet yang membuat kota ini terkenal.

Populasi 'penduduk spesial' ini berada di sekitar Prang Sam Yot dan San Phra Kan. Selain itu, Wat Phra Si Ratana Mahathat dan Ban Wichayen juga bisa jadi sudut kota yang dituju di Lopburi. Hendak makan malam, maka jalan Na Phra Kan bisa jadi tempat yang tepat. Kalau enggan bermalam, terdapat kereta malam menuju Chiang Mai.

 

A photo posted by Newhouse MPD (@newhousempd) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading