Sukses

Lifestyle

Fakta-fakta Unik Nama Jalan di Kota Bandung

Fimela.com, Jakarta Bandung, sebuah kota yang berdiri megah dengan beragam keunikannya. Tahukah kamu kalau di Bandung memiliki sebuah jalan dengan nama unik dan sejarahnya yang menarik? Sedikit bocoran, jalan tersebut juga masih ada kaitannya dengan Ridwan Kamil, sang walikota Bandung saat ini. Wah, semakin penasaran, kan?

Jalan merupakan sarana akses bagi masyarakat agar bisa sampai ke sebuah tempat tertentu, dan seiring dengan tingkat mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, maka semakin banyak pula jalan yang dibuat. Tentu setiap jalan membutuhkan nama agar bisa mudah diingat orang. Nah, dari sekian banyak nama jalan yang ada di kota Bandung, ada satu yang menjadi perhatian karena namanya yang unik, yakni jalan Konstitusi.

Kalau kamu penasaran dengan jalan tersebut, kunjungi saja kompleks perumahan dosen UNPAD Cigadung I, Bandung. Nama tersebut merupakan pemberian dari almarhum Atje Misbach yang merupakan ayah Kang Emil. Terinspirasi dari jalan Constitution Avenue yang terletak di Washington, Amerika Serikat, beliau kemudian mencomot nama yang sama untuk jalan yang berada tepat di depan rumahnya. Beliau sendiri sempat berkunjung ke Washington pada tahun 70-an saat sedang menempuh studi di sana. Nah, berhubung beliau sedang mencari nama yang tepat untuk menggambarkan profesinya sebagai dosen hukum laut internasional UNPAD, maka beliau pun mencontek nama jalan tersebut.

Fakta-fakta Unik Nama Jalan di Kota Bandung | via: istimewa

Selain memberi nama untuk jalan di depan rumahnya, ternyata beliau jugalah yang memberi nama-nama jalan lainnya di sekitar kompleks rumah dosen itu. Maka, jangan heran kalau nama-nama jalan di sana disesuaikan dengan ranah keilmuan yang bisa kamu pelajari di UNPAD, yakni jalan Akuntansi, Sosiologi, Antropologi, Biologi, Parasitologi, Farmakologi, dan Anatomi. Selain menjadikannya unik, pemberian nama dengan cara seperti ini juga memudahkan kita untuk mengetahui kompleks perumahan dosen bidang apa yang sedang kita sambangi.

Fakta-fakta Unik Nama Jalan di Kota Bandung | via: istimewa

Beliau sendiri menyebutkan bahwa ilham untuk memberikan nama jalan seperti itu ia dapatkan saat sedang menumpang kereta api Parahyangan yang membawanya dari Bandung ke Jakarta. Wah, semoga kisah ini bisa menjadi inspirasi juga untuk kita semua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading