Sukses

Lifestyle

Bukan Pakar Astronomi, Ini Profesi Awal Caroline Herschel

Fimela.com, Jakarta Sebelum kemarin, Rabu (16/3), mungkin tak banyak publik di luar akademis yang mengenal Caroline Herschel. Doodle berlatar belakang bintang jatuh dengan ilustrasi figur perempuan asal Jerman yang terlihat sedang meneropong tersebut jadi persembahan Doodle di peringatan ulang tahun Caroline ke-266.

Prestasinya di bidang astronomi rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Sebagaimana dimuat Independent, Caroline merupakan perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan atas pencapaian karya di bidang sains. Meski mengalami masa kecil yang sulit, namun Caroline sepertinya enggan menyerah pada keadaan.Doodle yang dipersembahkan Google untuk Caroline Herschel. (Google)

Caroline Herschel. (ieee.bilkent.edu.tr)

Gemilang di 'dunia luar angkasa', perempuan yang meninggal di usia 98 tahun tersebut ternyata tak langsung menekuni astronomi. Telegraph memuat, setelah pindah ke Britania Raya untuk menyusul saudara lelakinya, William Herschel, di usia 22 tahun, Caroline malah belajar untuk jadi penyanyi.

'Berperan' sebagai penyanyi sopran di banyak penampilan, pengaruh ini tak lepas dari sang kakak karena ia pun menekuni bidang musik. 'Banting setir', William mulai membangun passion di bidang astronomi yang juga ditularkan kepada sang adik, Caroline. Akhirnya, jadi lah Caroline seperti yang dunia kenal sekarang.

William, saudara lelaki yang berpengaruh dalam karier Caroline Herschel. ()

Lebih lanjut Telegraph memuat, di tahun 1781, William berhasil menemukan Planet Uranus yang diikuti dengan sederet temuan lain. Sedangkan Caroline Herschel yang kala itu berusia awal 30-an banyak menghabiskan waktu bersama sang kakak, bahkan menjadi asistennya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading