Sukses

Lifestyle

Bandingkan Dirimu dengan Orang Sukses? 9 Hal Ini Bakal Terjadi

Fimela.com, Jakarta Mungkin seperti ini rasanya saat kamu melihat orang sukses. Kamu seakan berkaca pada sebuah cermin ajaib yang akan menampilkan dirimu di masa depan. Tapi sayangnya, cermin itu bukan memberikan gambaran masa depan. Tapi hanya harapan yang sejak dari dulu kamu simpan baik-baik dalam hati. 

Lama-lama, harapan itu bermetamorfosis menjadi iri hati. Kamu ingin seperti mereka yang banyak uang dan bisnis lancar. Kamu ingin seperti mereka yang bisa keliling dunia tanpa mengeluhkan harga tiket yang naik. Sementara kamu? Kamu masih berdiri di sini dan memandang mereka dengan pandangan kagum. 

Kamu lupa alasan. Sibuk membandingkan dirimu dengan orang-orang sukses itu membuatmu bertanya, "kok mereka bisa?" Kamu ingin tahu bagaimana bisa mereka mendapatkan uang miliaran rupiah hanya dengan menulis. Kamu ingin tahu apa rahasia mereka sehingga bisa kaya raya dan terkenal. Tapi kamu lupa dengan alasanmu sendiri kenapa kamu ingin sukses. Kamu lupa kalau kaya atau tidak, pekerjaan yang sedang kamu jalani ini merupakan pekerjaan yang kamu cintai.

Jadi tak termotivasi. Kamu banyak membaca tentang kisah sukses banyak orang. Mulai dari mentor tingkat internasional, hingga pengusaha lokal. Tapi, bukannya kamu termotivasi, kamu malah membandingkan dirimu dengan orang lain. Misalnya, saat kamu membaca tentang Merry Riana, kamu ingin seperti dia yang tangguh dan menjalani masa sulit. Tapi pada akhirnya, kamu berpikir, "itu Merry. Aku mana bisa sekuat Merry." Akhirnya kamu malah diam di tempat. 

 

A photo posted by your fine ass weirdo (@n.v.x.m) on

Berharap. Ketika kamu membandingkan mereka dengan dirimu sendiri, timbul harapan untuk menjadi seperti mereka. Tapi, kamu melihat sisi enaknya saja. Kamu berharap menjadi seperti mereka yang kemana-mana pakai mobil mewah. Tapi kamu lupa perjuangan di balik kesuksesan mereka. 

 

A photo posted by iC$ (@coldwideworld) on

Kamu lupa kalau setiap orang punya suratan takdir. Kesuksesan mereka belum tentu kesuksesanmu juga. Setiap orang mendefinisikan kata sukses berbeda-beda. Mungkin buat mereka sukses adalah A. Buat orang lain, sukses adalah B. Salahkah definisi mereka? Tidak. Yang salah adalah ketika kamu tidak tahu apa arti sukses buat dirimu sendiri. 

 

A photo posted by Andie Artino (@andie_artino) on

Berpikir kamu bukan tandingannya. Lagi pula, siapa juga yang menganggapmu tandingan mereka? Kamu memang belum sesukses mereka. Tapi jangan pernah berpikir kalau kamu dan mereka sedang bertanding siapa yang paling sukses. In soal meraih mimpi masing-masing. Mereka sudah berhasil mewujudkan mimpi mereka sendiri. Sedangkan kamu, apa mimpimu? 

Terburu-buru. Melihat banyak anak muda yang sudah sukses di usia mereka yang belia, kamu jadi merasa terlambat. Kamu yang sudah berumur sekian, masih saja jalan di tempat. Padahal, sukses tak pernah kenal usia. Memang, pencapaian mereka di usia yang belia patut diberi acungan jempol. Tapi, kamu yang masih membangun impian bukan berarti kamu gagal dalam hidup. 

 

A photo posted by Toni Prynn (@tonith72) on

Kamu tak hidup di masa ini. Entah terjebak di masa lalu, atau justru terlalu khawatir dengan masa depan. Padahal, hal yang paling penting adalah berusaha di masa sekarang ini. Kamu mesti fokus membangun kesuksesan dan mewujudkan mimpi. 

Menuduh mereka hanya mengandalkan keberuntungan. Sebagian orang percaya dengan keberuntungan. Sebagian lagi tidak. Apa pun itu, beruntung atau tidak beruntung, keberhasilan merupakan buah dari kerja keras. Mungkin mereka memang beruntung. Tapi kamu juga harus tahu ada banyak keajaiban lain kalau kamu mau berusaha. 

 

A photo posted by Chantale Neuer (@chantale_neuer) on

Kamu lupa untuk berlatih. Ada yang bilang, keberhasilan orang-orang sukses disebut para amatir jenius. Sementara mereka sendiri yang sudah profesional di bidangnya menyebut keberhasilan sebagai buah dari tak henti-hentinya berlatih. Jadi, jangan hanya mengkhayal di siang bolong. Jangan cuma mengandai-andai. Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang-orang sukses. Lebih baik banyak berlatih dan belajar. 

 

A video posted by Kraivit (@0202turbo) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading