Sukses

Lifestyle

Hilang Arah, Tanyakan 11 Hal Ini pada Dirimu Demi Tujuan Hidup

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, kamu sebenarnya melangkah ke masa depan dengan satu tujuan. Bukan takdir yang katanya tak pernah bisa ditentukan manusia. Tapi masa depan yang kamu harap dan inginkan. Masa muda memang menjadi masa yang paling menentukan untuk masa depan. 

Kamu bermimpi, kamu berkhayal. Kamu menginginkan sesuatu di masa depan demi kesuksesan diri. Tapi masalahnya, dalam suatu perjalanan itu kamu kehilangan arah dan petunjuk. Kehilangan arah hidup memang wajar saat kamu masih di usia yang belia ini. Tapi jangan sampai kamu terus berjalan tanpa ada kompas dan petunjuk lain. Saat kamu tersesat dan tak tahu arah jalan, ini beberapa hal yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri. 

Seandainya kamu sudah menggenggam mimpimu, seperti apa hari esok? Ketika kamu membayangkan keinginanmu sudah terwujud, lupakan tentang goal dan target besarmu sejenak. Sekarang, pikirkan apa yang harus kamu lakukan setiap harinya. Dari pada kamu menceritakan kesuksesan yang masih berupa angan-angan, lebih baik kamu berpikir tentang langkah-langkah apa saja yang harus kamu lakukan. 

Kalau media sosial tidak pernah ada, akankah kamu menjadi dirimu yang sekarang? Bayangkan kalau kamu tak pernah melihat baju serta gaun yang modelnya banyak dikenakan orang. Seandainya saja orang-orang tidak pernah memamerkan apa yang mereka punya, apa yang bakal kamu miliki? Seperti apa kamu berpenampilan? Percayalah, menjadi diri sendiri jauh lebih bahagia dari pada harus mengikuti tren. 

Seandainya pekerjaanmu yang sekarang tak dibayar, apa yang akan kamu lakukan? Bayangkan ketika kamu bekerja di perusahaan tempatmu bekerja. Melakukan hal yang sama setiap hari, pergi ke kantor di pagi hari. Pulang saat matahari telah terbenam dan melakukan hal yang sama pada esok harinya. Akankah kamu masih bisa bahagia hanya dengan melakukan hal yang sama? Apa yang sebenarnya kamu ingin lakukan di sisa hidupmu?

 

A photo posted by @feelstraindeparted on

Kalau saja umurmu tak lama lagi, apa yang paling ingin kamu lakukan? Usia setiap orang tak pernah bisa diketahui. Tapi seandainya saja kamu tahu kapan kamu meninggal, apa yang ingin kamu lakukan untuk terakhir kali? Bekerja dengan giat di kantor? Pergi ke sebuah pulau terpencil dan bermain dengan alam? 

 

A photo posted by nerina (@nerinakeller) on

Apa lima hal terpenting dalam hidupmu? Kamu diberi kesempatan terakhir untuk memilih lima hal terpenting dalam hidupmu. Keluarga? Sahabat? Pacar? Ehm, uang? Es krim? Rumah? Sepatu? Kotak makan? Alat makeup?

 

A photo posted by Dilip Jose (@dilipjose) on

Bukan karena lelucon di TV, apa yang sebenarnya bisa bikin kamu tersenyum dan tertawa? Kadang, wajahmu memerah dan tawamu tiba-tiba saja berderai. Atau tiba-tiba saja secara otomatis kamu tersenyum. Kamu kadang tidak sadar apa saja yang bisa membuatmu bahagia. Dan kamu justru mengejar apa yang orang-orang bilang harus kamu lakukan. 

 

A photo posted by unknown (@that.broken.kid) on

Lupakan norma dan aturan, apa yang bakal kamu lakukan? Orang cenderung bertingkah laku sesuai dengan norma dan aturan serta hukum. Tapi coba pikir, apa yang bakal kamu lakukan, kalau seandainya tidak ada orang yang bakal menghakimimu apa pun yang kamu lakukan? 

 

A photo posted by Hikaru K (@hikaroon143) on

Apa yang paling berat dalam hidupmu sekarang? Setiap hari kamu pasti menanggung beban. Beban kemarin bahkan kadang tak sempat terselesaikan. Dan kamu harus menanggung beban baru yang datang hari ini. Tapi, pasti ada satu beban yang terberat, yang belum terpecahkan. Mungkin beban ini yang membuatmu lelah dan terlalu lama beristirahat dalam perjalanan mewujudkan mimpi. 

 

A photo posted by Allie Dunlap (@wordlesswonders) on

Seandainya reinkarnasi ada, apa yang akan kamu lakukan di kehidupan selanjutnya? Sebagian orang percaya dengan reinkarnasi. Sebagian lagi tidak. Tapi anggap saja kalau memang hal ini benar-benar ada. Apa yang bakal kamu lakukan di kehidupan selanjutnya? Orang biasanya ingin kehidupannya terulang sekali lagi untuk memperbaiki kesalahan. Cobalah untuk mencari kesalahan apa yang perlu kamu perbaiki. 

 

A photo posted by Laura (@deadfacelaura) on

Seandainya uang bukan kendala, apa yang ingin kamu lakukan? Ada mimpi-mimpi yang belum bisa terwujud karena keterbatasan uang. Tapi coba anggap kalau kamu memiliki uang yang tak terhitung banyaknya. Apa yang ingin kamu lakukan dengan uang tersebut? Mimpi mana yang paling ingin kamu wujudkan? 

Kalau kamu mati, apa yang bakal orang lain ingat tentang dirimu? Sekali lagi, tidak ada yang tahu seberapa lama kamu akan hidup. Tapi, ketika kamu sudah 'pergi,' orang biasanya mengingatmu dengan segala pencapaian saat kamu masih hidup. Coba pikirkan, seadainya kamu sudah tak lagi ada di dunia, apa yang orang lain ingat tentang dirimu? Cantik atau tampan, ramah, lucu, pekerja keras, dan ... mati muda? Itu saja? Selagi kamu masih punya kesempatan, cobalah pikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengukir masa depan. 

 

A photo posted by amyjade (@amyjorth) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading