Sukses

Lifestyle

Pempek Warna-Warni di Palembang, Lezat dan Sehat

Fimela.com, Jakarta PalembangΒ sudah dikenal luas dengan kuliner pempek. Sebagai daerah asal pempek mereka ternyata tak mau berhenti berinovasi. Berbagai usaha dilakukan agar para penyuka pempek tak merasa bosan. Hal itu dilakukan oleh pemilik kedai Pempel Sulthan di di daerah Jakabaring, Palembang.

Seperti dilansir dari myedisi di dalam etalase kaca kedai, terlihat tumpukan pempek yang sangat mengundang selera dan perhatian. Bukan pempek biasa yang berwarna putih, tapi didominasi warna-warni cerah seperti kuning, merah muda, hijau, hingga hitam.

β€œSemua pempek ini tetap menggunakan bahan dasar ikan tenggiri, tapi saya tambahkan warna dari bahan-bahan alami,” terang Fifi Fitria Rizki selaku pemilik Pempek Sulthan.Β Pempek warna-warni ini terasa lebih lembut, dengan aroma sayuran, tapi rasa ikannya tetap cemerlang. Saat menggigit pempek kuning, ada aroma wortel segar yang ikut terasa.

Sedangkan warna hijau yang cukup pekat ternyata didapatkan dari sayur bokcoy.Β Lalu bagaimana dengan pempek berwarna pink? Untuk warna pink, mereka ternyata menggunakan buah naga ungu. Begitu dicampur dengan bahan-bahan pempek lainnya, warnanya menjadi merah muda.

Semua pewarna yaitu wortel, bokcoy, dan buah naga ungu, diblender sampai lembut dan diambil cairannya.Β Selain memberi warna pada pempek, penggunaan sari sayuran dan buah ini ternyata menghasilkan tekstur pempek yang lebih lembut dibandingkan pempek ikan biasa. Β Satu lagi yang wajib dicoba adalah pempek hitam.

Pempek berwarna gelap ini tidak menggunakan pewarna sayuran tapi justru menggunakan bagian perut ikan tenggiri. Bagian tersebut selama ini jarang digunakan karena warnanya kurang menarik. Selama ini, para pengusaha pempek biasanya menggunakan daging tenggiri yang berwarna putih dan menghindari daging bagian perut yang berwarna merah gelap.

Tapi ternyata di Pempek Sulthan bisa menghasilkan pempek yang unik dan enak. Kedai ini juga menyediakan berbagai jenis makanan khas Palembang selain pempek. Pempek Sulthan termasuk favorit banyak orang karena selain enak dan menarik, harganya juga pas di kantong.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading