Sukses

Lifestyle

4 Fakta tentang Ovarium yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Ovarium, atau yang juga disebut dengan indung telur, merupakan salah satu organ terpenting buat perempuan. Ovarium mungkin tidak mendapat perhatian sebanyak organ tubuh lainnya seperti jantung, payudara, dan paru-paru. Padahal, ovarium juga punya andil besar dalam reproduksi dan juga kesehatan perempuan. 

Meskipun kamu belum menikah, atau belum ingin memiliki anak, tapi penting untuk mengetahui beberapa hal penting tentang ovariummu. Sehingga kamu punya gambaran yang cukup untuk merawatnya dengan baik. 

1. Dilansir dari Women's Health Magazine Ovariummu mengeluarkan hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini bertanggung jawab atas perkembangan tubuh selama kamu masih dalam masa pubertas. Termasuk payudara yang membesar, menstruasi, membesarnya pinggul dan lainnya. Kedua juga membantu menyiapkan uterus untuk pembuahan. Kalau jumlahnya kurang, nanti akan sulit untuk hamil. 

(Liputan6.com/ilustrasi)

2. Tak seperti organ lain dalam tubuhmu, ovarium ternyata bisa berubah ukurannya! Normalnya, ovarium panjangnya hanya sekitar 3-5 cm. Namun pada saat kamu mengalami menstruasi, panjangnya bertambah sedikit. Tapi, ini hanya sementara. Ukurannya akan kembali seperti semula ketika tidak lagi melepaskan telur. 

Selain menyebabkan kehamilan, seks juga menyebabkan pola menstruasi wanita tak tepat. Benarkah?

3. Ovulasi bisa saja dipengaruhi stres. Ketika tubuhmu dalam keadaan tertekan seperti stres hingga berat badan melorot, ovariummu akan berhenti melepaskan telur. Makanya, kadang kamu telah datang bulan ketika kamu stres dan merasa sangat lelah. 

Foto Ilustrasi

4. Mengingat ovarium punya andil yang besar dalam kestabilan hormon seorang perempuan, ovarium juga menjadi penyebab jerawatmu tumbuh. Jadi, ada yang namanya polycystic ovarian syndrome. Kondisi ini terjadi ketika keseimbangan hormon estrogen, progesteron, dan testosteron berubah. Sehingga kelebihan testosteron mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada wajahmu. 

Pasti cara ini merupakan yang disukai wanita deh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading