Sukses

Lifestyle

Ayuverda, Pengobatan Kuno Buat Semua Penyakit dari India

Fimela.com, Jakarta Setiap suku dan daerah, pasti memiliki tradisi dan kepercayaannya sendiri. Termasuk dalam hal pengobatan dan kesehatan. Di India, ada yang namanya Ayuverda. Metode ini telah dipraktikkan di India selama kurang lebih 5000 tahun. Dilansir dari salah satu media lokal, pengobatan ini berasal dari bahasa sansekerta; ayur yang berarti hidup dan verda yang berarti pengetahuan. 

Pengobatan ini, ajaibnya, bisa mengobati berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Dengan prinsip kesehatan holistik atau menyeluruh. Artinya, bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga pikiran dan jiwa. Maka tak heran, kalau metode pengobatan ini juga digunakan pada yoga. Karena pengobatan dan perawatan kesehatan ini bersifat individual, maka setiap orang punya pola tertentu yaitu dosha. Dosha merupakan jenis metabolisme berdasarkan kimia tubuh dan kondisi mental. University of Maryland Medical Center ada tiga dasar dosha. 

Pertama, energi pitta yang terkait dengan api. Energi ini digunakan untuk mengontrol sistem pencernaan dan endokrin. Kedua, energi vata yang berkaitan dengan udara dan ruang. Energi ini juga terkait dengan gerakan tubuh, termasuk pernapasan dan sirkulasi darah. Sementara yang ketiga, energi kapha yang terkait dengan bumi dan air. Energi ini diyakini digunakan untuk mengontrol pertumbuhan dan kekuatan, serta hubungan antara dada dan punggung. Jadi, kalau terjadi masalah obesitas, diabetes, sinus, dan masalah kantung empedu, artinya energi kapha tak seimbang. 

Ayuverda | via: ndtvimg.com

Pengobatan ini juga menggunakan berbagai bumbu dapur yang juga telah lama dipercaya orang Indonesia sebagai obat herbal yang berkhasiat buat kesehatan. Salah satunya kunyit. Selain itu, juga ada resin kering yang berasal dari pohon Boswellia. Bagaimana? Kamu tertarik buat mencoba metode ini, kan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading