Sukses

Lifestyle

Gerogoti Tubuh Yana Zein, Ini 5 Fakta tentang Kanker Payudara

Fimela.com, Jakarta Yana Zein, aktris cantik yang telah memerankan banyak sinetron dan film, kini terkena kanker payudara. Kanker jenis ini memang telah lama dikenal sebagai salah satu penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes. Namun, menurut sebagian orang sulit untuk disembuhkan.

Jumlah penderita kanker payudara pun dari tahun ke tahun semakin banyak di tiap belahan dunia. Berbagai penyuluhan agar kaum hawa peduli dengan kesehatan payudaranya, telah banyak dilakukan mediasi dan juga pendidikan khusus untuk kaum hawa. 

Kanker payudara ini memang kerap kali menggerogoti tubuh perempuan, yang pada generasi sebelumnya juga ada sejarah mengidap kanker yang serupa. Namun begitu, sebagai bentuk rasa peduli pada kesehatan diri sendiri dan sesama perempuan, mari simak beberapa fakta mengenai kanker payudara, yang disadur dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia. 

1. Data statisk tahun 2008 menunjukkan, kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan. Dari seluruh kasus kematian perempuan di dunia, 15 persennya merupakan kanker payudara. 

Cara Bedakan Benjolan Tumor dan Kanker pada Payudara

2. Kanker payudara ini sebenarnya tak begitu mematikan, asal ditangani dengan tepat, pada stadium dini. Pasien yang masih berada pada stadium dini ini memiliki peluang sekitar 98% untuk bertahan hidup lebih dari lima tahun. 

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

3. Buat kamu yang ingin periksa payudara, sebaiknya dilakukan usai haid. Hal ini berlaku baik untuk mamografi atau USG payudara. Karena, usai haid, payudara tidak terlalu tegang dan lebih nyaman diperiksa. 

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

4. Kalau kamu punya riwayat kanker payudara di dalam keluarga, sebaiknya periksa sedini mungkin. Paling tidak, sebelum usia 35 tahun. Linda Agum Gumelar, istri dari Agum Gumelar, yang juga sempat menderita kanker payudara seperti Yana Zein mengatakan kepada Bintang.com, jangan tunggu pemeriksaan dan pengobatan hingga stadium lanjut. Karena pengobatan dan kemungkinan untuk sembuh akan lebih besar jika dilakukan pada stadium dini. 

Ke Mana Saja Kanker Payudara Dapat Menyebar?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading