Sukses

Lifestyle

Selain Hamil, Mungkin Ini 3 Sebab Terlambat Datang Bulan

Fimela.com, Jakarta Terlambat datang bulan menjadi tanda utama kehamilan. Apa lagi, kalau kamu ingat kapan terakhir kali melakukan hubungan seks dengan pasangan. Tapi, terlambatnya haid bukan hanya karena terjadi kehamilan. Ada beberapa orang yang sudah mengalami PMS; rasa nyeri pada perut bagian bawah, pegal-pegal, dan juga nyeri pada kedua payudara. Namun, darah haid belum juga keluar. 

Sebagian orang percaya, kalau terlambat bulan, lalu minum minuman bersoda yang berwarna bening, akan membantu mempercepat kedatangan haid. Ada juga yang minum jamu kunyit asam. Tapi, yang mungkin perlu kamu ketahui adalah alasan dan sebab kenapa haidmu bisa terlambat. 

1. Menurut What to Expect, ada banyak penyebab kenapa haid bisa datang terlambat. Perama, stres juga bisa menjadi penyebab. Ketika kamu di bawah tekanan secara fisik atau mental, tubuhmu memproduksi hormon stres, adrenalin, dan korisol. Hal ini mendorong otak untuk memilih, mana yang harus sistem tubuh kerjakan, mana yang bisa ditunda sejenak. Biasanya aliran darah ke otot dan juga oksigen ke jantung akan ditamakan. 

Usia pertama kali haid atau menstruasi menjadi pengaruh besar soal kapan wanita akan memasuki fase menopause.

2. Berat badan ternyata juga berpengaruh. Kelenjar hipotalamus pada otak yang bertugas untuk meregulasi berbagai proses pada tubuh, termasuk siklus menstruasi. Jadi, pada saat berat badan turun secara ekstrem, tubuhmu tak akan mengeluarkan hormon estrogen untuk membangun atau menebalkan dinding rahim. 

Badan kurus membuat peluang selamat akibat serangan jantung menjadi lebih berat, menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada PLOS-Medicine

3. Olahraga itu menyehatkan. Tapi kalau terlalu banyak, ini juga akan memengaruhi hormonmu. Pasalnya, pada saat kamu melakukan diet dan olaharaga dengan sangat keras, ada nutrisi yang kurang tercover pada tubuh. Kurangnya nutrisi ini menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi hormon estrogen yang cukup. Hal ini pun bisa jadi membuat kamu terlambat datang bulan

Penelitian menguak fakta terbaru soal dampak baik olahraga angkat beban terhadap pasien yang sudah berhasil melawan kanker payudara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading