Sukses

Lifestyle

Apa yang Terjadi Jika Kamu Suka Menahan Buang Air Kecil?

Fimela.com, Jakarta Menahan perasaan, bagi para cewek, kadang memang perlu. Apa lagi ketika kamu sudah tahu kalau perasaan itu enggak ditahan, akan ada banyak masalah yang bakal muncul. Tapi, hal ini sama sekali enggak berlaku saat kamu ingin pipis. Kadang, tubuhmu sudah memberi tanda untuk segera bangkit dari kursi dan meninggalkan kegiatan yang sedang asyik kamu kerjakan. Tapi karena tanggung, kamu malah memilih untuk menundanya beberapa menit. 

Padahal, lama kelamaan hal ini bisa mengubah sistem pemberian sinyal pada tubuhmu, lho. Seperti kamu tak lagi begitu peka terhadap rasa ingin pipis. Akhirnya, kamu jadi jarang ingin pipis dan pastinya ini tak akan baik untuk kesehatanmu. Selain tak lagi peka, kadang kamu juga akan merasa kantung kemihmu tak lagi bisa membendung air seni. Sehingga, akan terasa sakit pada saat menahan pipis. 

Tapi, sebenarnya ada beberapa hal serius yang akan terjadi kalau kamu sering menahan kencing. Dilansir dari Women's Health, ada dua gangguan yang mungkin akan kamu alami. Pertama, infeksi pada saluran kemih. Hal ini bakal membuatmu merasa sakit pada daerah sekitar perut, atau pinggang bagian belakang. Bisa juga kamu merasakan sakit sebelum atau pada saat pipis, pada bagian dekat selangkanganmu. 

Tahan Pipis | via: shape.com

Infeksi ini sebenarnya juga sering disebut dengan UTI, kepanjangan dari Urinary tract infection. Selain rasa sakit, kamu yang menderita UTI akan pipis lebih banyak dalam sehari, kalau kamu bandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Jadi, kalau tiba-tiba kamu beser, sebaiknya kamu tak mengabaikannya dan langsung pergi ke dokter. 

Karena, kalau tidak cepat diobati, kamu akan menderita penyakit-penyakit yang lain. Antara lain kencing batu. Penyakit ini, sederhananya, gara-gara kamu sering menahan pipis, kotoran yang harusnya keluar melalui air senimu, justru mengendap. Nah, lama-lama akan mengkristal. Ini dia yang orang-orang sebut dengan kencing batu. 

Ilustrasi menahan pipis | via: businessinsider.com

Sebelum terlambat, kamu harus menyayangi dan merawat organ-organ pada sistem ekskresimu, ya. Jangan sampai terlambat, dan akhirnya kamu harus menjalani operasi untuk mengangkat batu ginjal. Rawat dirimu sendiri dengan banyak makan buah, sayuran, dan juga minum air putih minimal 8 gelas sehari. Juga, jangan pernah menahan pipis, ya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading