Sukses

Lifestyle

4 Tanda Gangguan Kesehatan yang Muncul pada Mata

Fimela.com, Jakarta Tanda-tanda orang sakit memang beragam. Tergantung kondisi tubuhmu, juga tergantung dengan penyakitnya. Biasanya, kamu yang sakit kepala bukan cuma sekadar sakit kepala, lho. Tapi juga tanda kalau ada penyakit lain di tubuhmu. Misalnya gangguan pencernaan atau lambung. Selain sakit kepala atau rasa nggak enak pada perut, ternyata penyakit yang muncul juga bisa ditandai lewat mata

Mata ternyata tak hanya berfungsi untuk melihat, tapi juga sebagai meteran buat mengukur apakah kamu sehat atau nggak. Kamu bakal melihatnya lewat perubahan-perubahan yang terjadi pada mata. Mungkin, kamu nggak akan sadar ada perubahan. Padahal, perubahan kecil yang kamu pikir bukan masalah besar, ternyata bisa saja merupakan tanda penyakit-penyakit serius. 

Nah, dari pada kamu teerlambat untuk memeriksakan kesehatanmu, kamu sebaiknya lebih memerhatikan kedua matamu, girls. Kalau sudah terlanjur dan sulit diobati, kamu mungkin bakal menyesal, lho. Dilansir dari Bright Side, ini dia tanda-tanda kamu kurang sehat yang timbul pada mata. 

1. Bintitan yang nggak sembuh-sembuh mungkin bukan apa-apa bagi sebagian orang. Mereka cuma merasa nggak nyaman saja memiliki benjolan atau bintil di dekat mata. Kadang, juga ada yang terasa nyeri hingga membuat sakit kepala. Bintitan ini, normalnya, akan hilang dengan sendirinya. Atau, kalau benar-benar besar dan sakit, dokter akan memberikan obat agar bintitan itu kempes atau pecah dengan sendirinya. 

Bintitan | via: IDM.com

Tapi, bintitan yang nggak sembuh-sembuh ini perlu perhatian ekstra, girls. Soalnya bisa jadi ini adalah gejala sebaceous gland carcinoma. Ini termasuk penyakit yang serius, lho. Soalnya, ini termasuk dalam keluarga kanker. Selain bintitan yang nggak sembuh-sembuh, sering muncul bintil di tempat yang sama juga bisa jadi gejala penyakit ini. 

2. Pandangan tertutup sesuatu, padahal nggak ada yang menghalangi pandanganmu? Ini namanya blind spot. Hal ini biasanya terjadi berbarengan dengan sakit kepala sebelah yang sangat dahsyat. Selain itu pada pandanganmu, muncul juga garis yang bergelombang serta titik-titik yang berkilau. Nah, kalau kamu memang mengalami hal ini, sebaiknya kamu periksakan ke doktermu. 

Blind Spot | via: mbusa.com

Hal yang harus kamu tanyakan adalah penyebab dari gangguan penglihatan ini. Tanyakan juga arti hasil tes yang sudah kamu lakukan. Kalau memang bisa disembuhkan dengan obat, kamu harus benar-benar menjalankan pengobatan tersebut, ya. 

3. Mata menonjol. Kamu mungkin pernah melihat kalau ada orang yang memiliki mata menonjol agak keluar. Meskipun menonjolnya sangat sedikit. Jangan berpikir kalau ini adalah hal yang wajar, girls. Soalnya, ini merupakan sebuah tanda adanya penyakit tiroid mata. Artinya, tiroid yang ada pada tubuhnya terlalu aktif. Selain itu, orang yang mengalami hal ini akan kesulitan menutup mata. 

4. Coba sekarang perhatikan bola matamu di depan cermin. Perhatikan bagian matamu yang putih. Nah, sekarang lihat, apa warna dari matamu. Seharusnya, mata bagian putih warnanya benar-benar putih. Tapi, kalau matamu justru putih kekuningan, ini bisa jadi tanda kalau kamu ada gangguan liver. Bayi dan orang dewasa yang memiliki gangguan liver memang biasanya akan terlihat pada warna matanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading