Sukses

Lifestyle

Panduan Berbelanja di Seoul

Fimela.com, Jakarta Sejak demam sederet hal berbau Korea Selatan melanda negeri, Seoul, secara otomatis, menyeruak sebagai salah satu destinasi top incaran turis Indonesia di Asia. Bukan semata menuntaskan penasaran dengan cara menyambangi sejumlah tempat yang biasanya cuma ditonton lewat monitor, kota ini punya penawaran lain.

Selain lanskap yang tentu saja khas dan sudah familiar, lantaran sering muncul di adegan, baik drama maupun video klip, Seoul juga dikenal sebagai surga belanja. Bukan satu komoditi, kamu akan menemukan banyak barang menarik untuk dibawa pulang. Variasinya mulai dari alat kosmetik, hingga jajaran makanan ringan yang menggugah selera.

Bila kamu adalah satu dari sekian banyak pelancong yang ingin berwisata belanja di Seoul, tak ada salahnya membaca ulasan berikut. Dengan jumlah toko yang begitu banyak, kamu harus pandai menghemat waktu dengan setidaknya tahu mana tempat untuk belanja fashion, mana tempat untuk belanja kosmetik. Yuk simak panduannya menurut Skyscanner.

Myeongdong, Seoul, Korea Selatan. (Sumber Foto: wincyfeng235/Instagram)

Kosmetik. Nama-nama seperti Myeongdong, Lotte Department Store dan Ewha Woman’s University Shopping Street dikatakan sebagai tempat terbaik untuk berburu kosmetik. Di Myeongdong dan Ewha Woman’s University Shopping Street, kamu bisa menemukan beragam merk lokal untuk segmen lebih muda, seperti Nature Republic, Innisfree, Etude House, The Face Shop, dan Skinfood.

Tapi kalau ingin produk yang segmentasinya lebih dewasa seperti Laneige dan Missha, kamu bisa menjelajah Lotte Department Store. Ingat, bila berbelanja di sini, kamu bisa mendapatkan tax refund atau opsi untuk mengambil barang belanjaan ketika sudah berada di bandara sewaktu pulang nanti.

Berburu Fashion Khas Korea Selatan

Fashion. Kesan trendi yang timbul di hampir setiap kemunculan public figure Korea Selatan membuat fashion jadi incaran banyak pelancong ketika singgah. Kalau kamu salah satu yang ingin belanja barang-barang fashion, mulai dari baju, sepatu, tas, hingga aksesoris, Namdaemun Market, Dongdaemun, Hongdae, Itaewon, dan Garosugil adalah tempat yang wajib disambangi.

Namdaemun Market adalah tempat bagi yang gemar menawar. Di sini, kamu bisa menemukan beragam barang fashion dengan rentang harga KRW10.000 hingga KRW20.000. Sementara Dongdaemun disebut sebagai surga belanja sesungguhnya di Seoul. Bagaimana tidak, terdapat 26 mall dan lebih dari 30.000 toko yang tersebar di area ini. Mayoritas toko di sini buka dari jam 10 pagi hingga jam 5 pagi keesokan harinya. Wow!

Hongdae, Seoul, Korea Selatan. (Sumber Foto: ringjong_/Instagram)

Namun kalau kamu cari vibe belanja yang agak berbeda dari Namdaemun Market atau Dongdaemun, maka pergilah ke Hongdae. Area ini adalah daerah ter-hipster di Seoul yang dipenuhi muda-mudi dan barang fashion buatan designer lokal. Di samping berbelanja, kamu juga bisa menyaksikan beragam pertunjukan seni di titik-titik tertentu di area ini.

Bagi kamu yang mencari ukuran pakaian agak besar, Itaewon adalah tempat paling cocok untuk didatangi. Lalu bagi kamu yang ingin membeli barang-barang premium atau high-end lainnya, Garosugil dengan galeri dan butik eksklusifnya adalah tujuan belanja terbaik.

Suvenir dan Kerajinan Tangan Khas Korea Selatan

Suvenir dan Kerajinan Tangan Khas Korea Selatan. Barang yang satu ini biasanya jadi buah tangan untuk keluarga atau teman di Indonesia. Tempat terbaik untuk membelinya adalah di Samcheongdong, Insadong, dan Gwangjang Market.

Samscheongdong, Seoul, Korea Selatan. (Sumber Foto: yaifah.h/Instagram)

Di Samcheongdong, selain bisa membeli berbagai suvenir tradisional, kamu juga bisa merasakan atmosfer Korea Selatan seutuhnya, lantaran tempat ini merupakan 'rumah' dari Bukchon Hanok, rumah tradisional Korea. Selain di sana, tempat terbaik untuk membeli beragam oleh-oleh khas Korea, seperti hanbok dan peralatan makan, yakni di Insadong dan Gwangjang Market.

Snack. Makanan ringan seperti Crispy Seaweed, Honey Butter Chips, Chocolate Pie, Snack Tteobokki, Honey Butter Almond, dan masih banyak snack lainnya bisa kamu beli di hampir seluruh supermarket di seantero Seoul.

Honey Butter Chips yang jadi snack khas Korea Selatan. (Sumber Foto: haruna.natsume_mc/Instagram)

Tapi, beberapa tempat yang menyediakan pilihan snack lebih banyak ada di Lotte Mart, E-Mart, dan Home Plus. Selain makanan ringan yang lebih variatif, di sini kamu juga bisa meminta pihak supermarket untuk membungkusnya dalam kardus, sehingga lebih mudah dibawa pulang ke Indonesia. Jadi, sudah siap berwisata belanja di Seoul?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading