Sukses

Lifestyle

Hanya Butuh 3 Tahap, Ini Panduan Membuat Visa Australia

Fimela.com, Jakarta Visa bisa jadi satu momok yang begitu menakutkan bagi sejumlah traveler. Kesan dokumen yang satu ini berputar pada belum tentu diterima, repot, tak tertebak, dan mahal (beberapa negara memang punya tarif aplikasi visa yang tak bisa dikatakan murah).

Apakah kamu salah satu pelancong yang tengah mempertimbangkan pergi ke negara bervisa? Jangan takut, apalagi sampai urung, hanya karena pengajuan syarat masuk ke suatu negara tersebut dikisahkan dengan tak banyak hasil menyenangkan. Kamu bisa memulai dengan aplikasi visa Australia yang bagi beberapa pelancong dianggap lebih mudah.

Setidaknya, kamu hanya memerlukan tiga tahap sederhana untuk mendapatkan visa Australia. Langkah-langkah yang sudah sedikit ini pun dikatakan tak terlalu sulit untuk dilalui. Yang penting, kamu tetap cermat dan teliti dalam memenuhi syarat-syarat yang dituliskan. Sebagaimana dimuat Skyscanner, berikut panduan membuat visa Australia.

Webb Bridge, Melbourne, Australia. (Sumber Foto: docklandsisbeautiful.com)

Mengetahui tipe visa. Misalnya, untuk tujuan berwisata ke Australia, kamu harus melakukan permohonan visitor visa (subclass 600) dan melengkapi dokumen, yakni formulir 1419 yang harus diisi lengkap dan ditandatangani, fotokopi paspor yang masih berlaku paling tidak 12 bulan, serta fotokopi paspor lama.

Tak sampai di situ,kamu juga harus melampirkan 1 lembar pas foto terbaru (ukuran foto paspor), KTP, dan Kartu Keluarga, surat keterangan dari tempatmu bekerja yang mencantumkan tugas, lama bekerja, gaji, juga lama cuti yang disetujui, rekening koran 3 bulan terakhir, serta dokumen biaya permohonan visa.

Pembayaran permohonan visa bisa dilakukan melalui bank cheque/giro ke rekening Kedutaan Australia atau melakukan pembayaran langsung di kantor Australia Visa Application Centre (AVAC).

Ajukan Permohonan

Cara mengajukan permohonan. Setelah melengkapi semua dokumen, kamu bisa menyerahkan permohonan visa lewat tiga cara. Pertama, melalui agen perjalanan (kurang disarankan). Kedua, mengirimkan permohonan lewat pos ke kantor AVAC. Ketiga, langsung datang ke AVAC di Kuningan City Lantai 2 No. L2-19.

Yarra Valley, Australia. (Sumber Foto: Chris Putnam/Alamy)

Kalau kamu berencana menyerahkan semua dokumen secara langsung, kamu bisa datang ke AVAC pada hari dan jam kerja (Senin – Jumat pada pukul 08.30 - 16.00) tanpa perlu membuat janji temu lebih dulu. Kamu hanya datang untuk menyerahkan dokumen, tanpa proses wawancara.

Setelah permohonan. Selepas aplikasi visa diajukan di AVAC, dokumenmu akan berada di Kedutaan Australia pada hari berikutnya. Proses pembuatan Visa Bekerja dan Berlibur membutuhkan waktu selama 15 hari kerja dan hasilnya akan dikirim lewat email.

Mornington Peninsula, Australia. (Sumber Foto: Greg Elms/Getty Images)

Kalau kamu diminta melakukan pemeriksaan kesehatan dan rontgen dada, waktu pemrosesan visa otomatis jadi lebih lama. Selagi visa diproses, kamu dapat melakukan pelacakan hasil permohonan visa melalui website AVAC. Hasil visa akan tercatat secara elektronik. Jadi saat tiba di Australia, kamu hanya perlu menyerahkan paspor karena status visa dapat terbaca secara otomatis.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading