Sukses

Lifestyle

Kisah Anak Kondektur Bus yang Cum Laude di UNS

Fimela.com, Jakarta Mencapai nilai tinggi saat lulus kuliah memang nggak akan menjamin kesuksesanmu di masa depan. Namun, prestasi dalam bentuk nilai kuliah yang baik juga perlu mendapat apresiasi. Apa lagi, kalau kamu tahu bagaimana perjuangan mereka demi mendapatkan nilai yang baik agar membuat bangga kedua orangtua. 

Seperti Ulfa Nurjanah yang lulus dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Ulfa, gadis cantik berhijab ini berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya dulu merupakan kondektur bus. Namun, karena usianya yang semakin tua, Ulfa dan kakak-kakaknya meminta sang ayah untuk beristirahat di rumah. 

Sebagai gantinya, mereka harus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan keluarga setiap hari. Karena itu, Ulfa sempat mencari cara untuk mendapatkan tambahan uang. Dilansir dari Liputan6, dia memang sudah bertekad, sebisa mungkin, kuliah dan hidupnya tak membebani kedua orangtuanya. 

Usai wisuda, Ulfa nampang di depan salah satu outlet Cumi Krispy miliknya yang dibawa ke arena wisuda. (foto : Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Untuk itu, dia memilih menjadi reseller sepatu yang dia pasarkan melalui media sosial dan juga BBM. Anak bungsu ini kemudian masuk kuliah tahun 2013 melalui jalur Bidik Misi. Selama dia berkuliah itu, dia terus-terusan sibuk dengan kegiatan di kampus, bekerja, dan juga berorganisasi. 

Meskipun hari-harinya sangat padat, anak dari seorang kondektur bus ini akhirnya lulus dalam waktu 3 tahun 9 bulan. Bukan cuma dia lulus tepat waktu, tapi dia juga lulus dengan predikat cum laude, IPK 3,69. 

Tentu saja, kelulusan Ulfa dari Fakultas Ekonomi UNS ini  menjadi kebanggaan kedua orangtuanya. Namun, dia tak berhenti di situ saja. Dilansir dari Liputan6, dia juga membuka usaha makanan ringan yang terbuat dari cumi-cumi. 

Kisah Ulfa anak seorang kondektur bus yang sanggup menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan predikat cum laude ini sangat menginspirasi banyak orang. Kini, dia sedang menyiapkan dirinya untuk melanjutkan kuliah S2. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading