Sukses

Lifestyle

Biar IPK Nggak Turun, Ini 3 Tips Ampuh Buat Anak Kuliahan

Fimela.com, Jakarta Buat para mahasiswi di kampus, tugas-tugas kuliah yang menumpuk bukan cuma satu-satunya hal yang bikin pusing. Tapi, ada banyak hal yang bikin kamu kadang seperti kekurangan waktu. Nggak heran, selain harus masuk kelas terus, kamu yang bergabung dalam HIMA dan juga kegiatan organisasi kampus pasti punya banyak tugas dan kegiatan. 

Saking banyaknya kegiatan, kamu jadi lupa dengan absensi kelas. Bahkan, absen pada beberapa matakuliah ada yang sampai lebih dari 4. Terpaksa, deh, kamu harus mengulang mata kuliah tersebut. Sayangnya, bukan cuma absensi yang tak terurus, tapi juga nilaimu yang menurun. Hasilnya, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pun turun. 

Nah, IPK yang turus turun tentu saja sangat buruk buat reputasimu di ijazah nanti saat lulus. Memang, nilai itu bukan segalanya. Tapi kalau terus menurun tiap semester, ini juga nggak baik buatmu, girls. Buat kamu yang ingin meningkatkan IPK, mungkin 3 tips ini bisa membantumu. 

Pusing pinjaman uang untuk kuliah | Sumber Foto: gellogiggles.com

1. Seperti goals kamu mungkin akan termotivasi kalau kamu menuliskannya di sebuah kertas dan dipajang. Jadi misalnya, semester 4 kamu ingin IPK-mu 3,60. Tulis saja dan pajang. Semakin kamu lihat, semakin kamu termotivasi untuk mendapatkannya. 

2. Jangan cuma mengeluh karena kamu kekurangan waktu. Berorganisasi itu penting. Tapi jangan sampai kamu lupa dengan kuliah. Tugas dari setiap dosen itu sama pentingnya. Juga, belajar bukan cuma buat anak-anak SMA, lho. Kamu yang sudah kuliah juga tetap perlu mengulang pelajaran di rumah. 

Kuliah di luar negeri | Sumber Foto: quipper.com

3. Biasanya, nilai ujian yang paling dipentingkan mahasiswi. Tapi, ada juga nilai tugas dan juga kehadiran. Jadi, pastikan kalau kamu juga hadir setiap kali ada jadwal kelas. Kalau nggak penting banget, lebih baik kamu nggak bolos kuliah, dari pada absensimu mati. Kamu nggak mau, kan, nggak bisa ujian karena absensi?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading