Sukses

Lifestyle

Wow Vietnam Melarang Warganya Membagi Berita di Sosial Media!

Sosial media kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Anda pasti sering memanfaatkan sosial media seperti Facebook dan Twitter untuk berbagi cerita, informasi bahkan berbelanja. Maklum saja, kini di zaman serba modern, internet dan sosial media sudah seperti wajib dimiliki oleh setiap orang. Kini tidak perlu membaca koran atau melihat televisi, membaca berita di sosial media saja sudah lebih cepat penyampaian informasinya.

Pengguna internet di Indonesia banyak yang memanfaatkan akun sosial media untuk mencari informasi atau berbagi berita terbaru. Di Indonesia sendiri sudah sangat lumrah bila membagi link berita atau news terbaru di akun Facebook atau Twitter. Kebebasan informasi di Indonesia memang patut untuk diacungi jempol, karena di negara lain banyak yang tidak membolehkan warganya untuk berbagi informasi melalui sosial media, salah satunya adalah Vietnam.

Negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia ini menerapkan aturan bahwa sosial media hanya boleh digunakan untuk membagi cerita pribadi, bukan berita atau informasi. Hari Kamis (1/8) Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung mengumumkan bahwa mulai bulan September, warga Vietnam tidak boleh membagi berita, link berita, informasi dan segala hal yang berbau news di sosial media mereka.

Vietnam memang terkenal sebagai negara yang ketat mengawasi perilaku berinternet warganya. Tapi peraturan ini menjadi perbincangan hangat karena bisa saja Vietnam berarti membatasi warganya untuk membuka wawasan se luas-luasnya. Bila berita tidak boleh dibagikan maka setiap orang harus membuka situs sendiri, padahal banyak berita penting yang bisa saja tenggelam saking banyaknya berita yang diterbitkan di satu situs berita.

Ternyata selama ini Vietnam mendapat predikat sebagai musuh Internet oleh organisasi Reporters Without Borders. Selain membatasi penyebaran berita, pemerintah Vietnam melarang media swasta dan semua surat kabar serta saluran televisi harus dikelola negara. Sangat berbeda dengan Indonesia yang medianya bebas menulis atau memberitakan apapun tentang pemerintahan, di Vietnam bisa dipenjara lho bila berbicara macam-macam tentang pemerintah.

Kebebasan informasi dan menggunakan teknologi kini rupanya sudah menjadi salah satu hal penting ya ladies. Bayangkan bila di Indonesia kita tidak boleh berbagi berita melalui sosial media, tentu akan menyusahkan sekali bukan?

BACA JUGA

Bermain Kembang Api, Bocah Lucu Terbakar Dan Meninggal Dunia

Duh Karena Bertengkar Dengan Pramugari, 2 Pria Ini Diusir Dari Pesawat

Dipenjara 5 Hari, Pemuda Ini Malah Dapat 42 Miliar Dari Pemerintah!

Seorang Guru Mencuri Bekal Makan Siang Muridnya Bertahun-Tahun

Tega Sekali Pasangan Kekasih Ini Lakukan Aborsi Bayinya Sendiri

HijUp.com Dua Tahun Membangun Islamic Local Brand ke Kancah Internasional

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading