Sukses

Lifestyle

Kenapa ya Susah Banget Dapat Kerja?

Sudah berapa kali Anda melakukan interview dan masih belum juga mendapatkan pekerjaan? Mungkin Anda sedang iri sekali dengan teman Anda yang sudah memiliki jabatan di kantornya. Sedangkan dalam usia yang sama, Anda masih jobless.Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa Anda jadikan renungan mengapa selama ini Anda masih belum bisa mendapatkan pekerjaan, dilansir dari cosmopolitan.com.

1. Anda gagal menjawab, "Seperti apakah Anda 10 tahun yang akan datang?"

Memang tidak semua perusahaan akan menanyakan hal ini saat interview, tetapi jika hal ini dipertanyakan bagaimana Anda menjawabnya akan sangat berpengaruh bagi interviewer Anda. Karena masa depan yang Anda rencanakan sangat erat kaitannya dengan progres dan passion dalam pekerjaan Anda.

2. Anda tidak mencari tahu

Tidak semua orang punya ketertarikan yang tinggi pada internet, tetapi tidak bisa dipungkiri jika semua informasi akan Anda dapatkan dengan mudah dari internet. Apa lagi jika tempat Anda melamar pekerjaan sangat erat kaitannya dengan internet. Anda harus tahu beberapa hal tentang perusahaan tersebut dan sampaikan kepada interviewer, maka Anda akan menjadi kandidat yang dipertimbangkan .

3. Anda tidak menunjukkan semangat

Menyakinkan calon tempat Anda bekerja sangat penting. Istilahnya bukan lebai jika Anda mengatakan, "Saya sangat bahagia jika mendapatkan pekerjaan ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan semua tugas saya." Mungkin Anda memang perlu  mempromosikan diri Anda secara verbal, selain menggunakan CV yang Anda buat.

4. Lupa mengucapkan terima kasih

Mungkin Anda lupa tentang betapa pentingnya kata-kata ini. Dengan menunjukkan terimakasih Anda sudah menunjukkan nilai bahwa Anda sangat menghargai orang yang telah memberikan waktu untuk interview Anda. Jika Anda tidak mengucapkan ini, interviewer akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang tidak peduli dan tidak terlalu menginginkan pekerjaan tersebut.

5. Anda tidak memenuhi kualifikasi

Jika Anda telah memiliki banyak pengalaman kerja dan Anda melamar pekerjaan yang sama, interviewer akan berpikir bahwa Anda akan bosan dengan pekerjaan tersebut. Manajemen perusahaan hanya mencari orang-orang yang akan merasa tertantang dengan pekerjaannya.

6. Nervous berlebihan

Nervous memang hal yang wajar, tetapi ketika Anda merasakan nervous yang berlebihan sampai lupa apa yang akan Anda katakan, pasti interviewer tidak akan terkesan dengan Anda.Yang perlu Anda ingat adalah lakukan yang terbaik untuk diri Anda sendiri. Karena sebenarnya interviewer bukanlah orang yang sedang menghakimi Anda.

7. Anda tidak bertanya

Mengakhiri sesi wawancara dengan menanyakan sesuatu yang besar bisa membuat Anda dilirik oleh manajemen perusahaan. Misalnya Anda bertanya, "Apa sih yang menjadi keunggulan perusahaan ini?" Pertanyaan seperti ini bisa menjadi salah satu daya tarik Anda.

Nah, selamat mencoba tips di atas untuk interview selanjutnya ya Ladies.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading