Sukses

Lifestyle

Menerima Kritik Dengan Lapang Dada

Orang-orang cenderung untuk mengkritik satu sama lain dengan ribuan alasan yang berbeda. Beberapa menyalahkan orang lain untuk hal-hal yang mereka sendiri tidak mampu lakukan sementara yang lain berusaha untuk mengingatkan jika memang ada yang berbuat salah. Nah, bagaimana jika kritik tersebut melukai hati Anda? Berikut ini adalah beberapa ulasan untuk menerima kritik dengan lapang dada seperti yang dilansir oleh geniusbeauty.com

Ketika berbicara tentang kritik Anda harus membedakan antara komentar yang sepele dan komentar yang konstruktif atau membangun. Anda harus mengakui ada perbedaan antara pernyataan "Anda seorang juru masak yang buruk" dan "sup Anda tampaknya agak terlalu asin hari ini." Jika Anda merasa sakit hati, sangat malu atau bersalah karena komentar yang memang masuk akal,Anda harus belajar cara menerima kritik karena tidak semua kritik itu bersifat buruk. Banyak sekali kritik yang bersifat membangun demi kebaikan Anda sendiri. Rasa bersalah sering menunjukkan rasa takut kehilangan rasa hormat dari orang lain, malu dan takut kehilangan reputasi dan merasa tidak cukup baik.

Jika Anda mendapat kritik pedas, yang pertama harus Anda lakukan adalah diam sejenak dan terima kritik tersebut. Jangan mentah-mentah memuntahkan kritik tentang Anda apalagi sampai marah kepada orang memberi kritik.

Cobalah untuk memahami tujuan orang tersebut memberikan kritik kepada Anda. Ambillah hal positif dari kritik tersebut untuk memperbaiki diri. Ucapkan terima kasih kepada si pengkritik dan yang paling penting selalu ambil hikmah dari kritik yang membangun untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading