Sukses

Lifestyle

Berkarir di Bidang Musik? Why Not!

Musik, bagi sebagian orang dianggap sebagai pereda lelah sekaligus sebagai penyaluran hobi. Namun bagi beberapa orang, berkarir di jalur musik merupakan pilihan. Walaupun banyak orang yang meragukan, "Mau jadi apa berkarir musik?", buktinya banyak orang dapat membuktikan dirinya mampu berhasil berkarir di dunia musik. Sebut saja, Adrie Subono dengan Java Musikindo-nya, Tya Subiakto yang terkenal sebagai arranger sekaligus komposer ternama Indonesia hingga nama tersohor Addie MS.

Bagi Anda yang mencintai musik dan ingin berkarir di dunia musik, ada berbagai pekerjaan yang dapat Anda lakukan kok, Ladies. Tak melulu soal menyanyi di atas panggung, berikut 5 pekerjaan di dunia industri musik:

Artist & Reportoire (A&R)

Untuk dapat menjadi A&R, selera musik dan kepekaan Anda dalam memprediksi bakat-bakat baru yang bakal berkembang menjadi kemampuan yang penting. Anda lah yang bertanggung jawab atas berbagai talenta di sebuah label rekaman. Sahabat Vemale pernah bercerita, posisinya sebagai A&R sebuah label rekaman nasional membuatnya harus 'sedia kuping' mendengarkan ratusan demo rekaman dalam sehari. Wow!

Promotor konser

Menjadi promotor konser bukan hanya sekedar merancang acara saja, lho. Karena, diperlukan kepekaan dalam memilih artis, waktu, momen bahkan tempat. Selain itu, promotor konser musik juga bertanggung jawab mulai dari hal penjualan tiket hingga marketing. Jika Anda terbiasa mengorganisasi acara, tentunya pekerjaan ini akan sangat menantang bagi Anda.

Jurnalis musik

Suka mendengarkan musik dan suka menulis? Wah, Anda tepat menjadi jurnalis musik, tuh. Menjadi jurnalis musik tak hanya sekedar menulis berita saja, tetapi di beberapa media juga mengharuskan Anda untuk dapat me-review dan menulis kritik karya-karya musisi. Menurut pengalaman sahabat Vemale sih, menjadi jurnalis musik itu seru karena dapat kesempatan untuk mewawancarai idola-idolanya.

Terapis musik

Menggunakan berbagai metode, dari bernyanyi hingga memadukan ritme-ritme musik, terapis dalam bidang ini menggunakan musik sebagai penyembuhan pasiennya.

Nah itu dia beberapa jenis pekerjaan di industri musik yang dapat Anda lakukan. Menjadi seniman dan berkarir di dunia musik juga memiliki masa depan yang cerah, sama dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Jadi, tunggu apa lagi, Ladies?



(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading