Sukses

Lifestyle

Trik Ampuh Agar Mudah Diterima Saat Melamar Kerja

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Bahkan puluhan ataupun ratusan lamaran pekerjaan yang dikirim tidak dapat menjamin Anda bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang cocok dengan Anda. Tetapi, ada beberapa trik yang dapat anda lakukan agar lamaran pekerjaan Anda menjadi efektif dan dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Berikut beberapa trik mudah yang dapat Anda lakukan, seperti dilansir huffingtonpost.com.

Anda harus menyampaikan apa pekerjaan yang ingin Anda dapatkan

Jangan mengharapkan perusahaan membaca resume Anda setelah itu memikirkan apa yang kira-kira cocok Anda lakukan. Andalah yang mengetahui kemampuan Anda, sampaikan di mana anda cocok ditempatkan dalam organisasi mereka. Dengan memberitahu mereka apa yang Anda ingin dan cocok lakukan, mereka akan merasa dimudahkan dalam memposisikan Anda. Anda dapat mengetahui apa yang Anda inginkan dengan meluangkan waktu untuk memikirkannya atau membaca aneka buku tentang karir.

Masukan lamaran hanya di pekerjaan yang cocok dengan Anda

Jangan sampai Anda membuat perusahaan tersebut berpikir mengapa Anda sampai bisa melamar di perusahaan mereka. Atau pastikan Anda memiliki alasan yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan itu. Anda tidak perlu mencoba-coba atau memiliki prinsip 'siapa tahu beruntung' di pekerjaan yang bukan merupakan wilayah Anda.

Beritahu mengapa Anda cocok pada surat lamaran dan buktikan pada resume Anda

Surat lamaran bukan hanya untuk melengkapi persyaratan dalam melamar kerja, surat tersebut penting untuk menunjukkan siapa diri Anda dan mengapa Anda cocok dengan pekerjaan tersebut. Pastikan Anda memperlihatkan bahwa Anda seorang yang profesional dalam surat lamaran Anda.

Ikuti petunjuk

Saran ini terdengar mungkin terdengar klise, tetapi, faktanya umumnya hanya 25% dari pelamar yang mengikuti petunjuk untuk melamar pekerjaan yang diberikan perusahaan secara baik dan benar. Hal ini membuat hanya 25% itulah yang lolos dalam penapisan atau screening pertama.

Jalin komunikasi secara sopan

Setelah menjalani rangkaian wawancara kerja, dengan sopan mintalah contact person dari mereka, dan bertanyalah apa boleh Anda menghubungi mereka. Cobalah untuk mem-follow up lamaran pekerjaan Anda secara sopan dan tidak terus-menerus atau bahkan setiap hari.Jika ternyata Anda tidak beruntung dalam perekrutan tersebut, Anda dapat meminta mereka memberikan informasi jika ada kesempatan lain untuk Anda.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading