Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Tepung Agar Tidak Mudah Rusak

Seperti halnya bahan makanan lainnya, tepung juga memiliki cara penyimpanan khusus agar dapat tahan lama, tidak apek, lembab, atau berkutu. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menyimpan tepung. Pastikan selalu tepung yang Anda pakai untuk memasak dalam keadaan baik dengan memperhatikan hal-hal penting berikut ini.

  • Anda boleh saja menyimpan tepung dalam kemasan aslinya ataupun ditempatkan pada wadah khusus, yang terpenting pastikan kemasan tepung rapat.
  • Jangan mencampurkan tepung yang baru Anda beli dan yang lama saat menyimpannya, meskipun kedua tepung itu memiliki jenis yang sama.
  • Simpan tepung di tempat yang dingin. Tepung juga dapat disimpan pada lemari es, tetapi tetap pastikan wadah penyimpannya rapat.

Tepung yang tidak disimpan dengan benar dapat menjadi lembab dan apaek ataupun berkutu. Ciri tepung tak layak pakai adalah jika bau, warna, atau bentuknya telah berubah. 

  • Bersihkan lemari penyimpan Anda secara teratur agar tidak ada jamur, kutu atau parasit lain yang menjadikan tepung sebagai tempat tinggal dan berkembang biak.
  • Freezer dapat menjadi tempat menyimpan tepung untuk jangka waktu lama. Anda juga dapat memasukkan tepung ke dalam freezer selama 48 jam untuk membunuh serangga, cacing, atau kutu di dalamnya.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading